Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 06 Sep 2019, 07:00:02 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Pegawai KPK Tidak Lagi Independen  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - DPR RI telah sepakat mengusulkan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (KPK) dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung Nusantara DPR, Senayan pada Kamis (5/9/2019).

Dalam dokumen draft revisi UU KPK, resume poin yang akan dirubah mengenai pegawai KPK tidak lagi independen dan status pegawai tetap akan berubah. Draft mengatur bahwa seluruh Pegawai KPK menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara yang terdiri dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Merujuk pada UU ASN dan draft UU Perubahan KPK, Pegawai Tetap KPK non PNS akan masuk dalam kategori dari pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sedangkan, Pegawai Negeri Yang Diperkerjakan (PNYD) akan berstatus ASN yang Pegawai Negeri Sipil.



Hal tersebut akan menghilangkan independensi Pegawai KPK dalam penanganan perkara karena soal kenaikan pangkat dan pengawasan sampai mutasi akan berkoordinasi dan dalam beberapa hal dialakukan oleh Kementerian terkait. Hal tersebut tidak sesuai dengan prinsip indepedensi KPK yang dibangun pasca reformasi.

Lebih lanjut, PPPK tidak mempunyai hak promosi dan jaminan yang sama sebagaimana Pegawai Negeri Sipil. Wadah Pegawai akan digantikan oleh KOPRI, karena seluruh ASN harus tergabung dalam Wadah tunggal KOPRI sehingga tidak akan ada lembaga yang mewakili kepentingan Pegawai KPK. Hal ini tertulis dalam Pasal 1 angka 7, Pasal 24 ayat 2 dan 3.[ris]




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik  - Gudang Berita Viral Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kerja Keras PHE Tangani Minyak Bocor di Sumur YYA  - Gudang Berita Viral Kerja Keras PHE Tangani Minyak Bocor di Sumur YYA
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ngamuk, Higuain Tendang Pelatih dan Papan Iklan  - Gudang Berita Viral Ngamuk, Higuain Tendang Pelatih dan Papan Iklan
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print