Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 16:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pasien Kanker di Surabaya Mencapai 2.730 Orang - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memastikan telah menanggung biaya pengobatan pasien penderita kanker. Hingga Juli 2019, tercatat ada 2.730 pasien penderita kanker di Surabaya. Biaya berobat sebagian besar pasien ditanggung pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menyatakan, paling banyak pasien di Surabaya adalah penderita kanker payudara, serviks, nasofaring, dan paru-paru.



Menurut dia, rata-rata mereka sudah ditanggung biaya pengobatan oleh pemkot dengan penerima bantuan iuran (PBI). Yakni, kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sumber dananya menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Surabaya. ”Semua di-cover oleh Pemkot Surabaya,” ujarnya.

Selain menanggung biaya pengobatan pasien kanker, pemkot menyediakan fasilitas layanan paliatif di 63 puskesmas. Dia melanjutkan, salah satu layanan paliatif itu adalah home care. Yakni, memberikan perawatan bukan hanya fisik, melainkan juga psikologi pasien. Tim dari dinkes akan turun ke rumah-rumah pasien penderita kanker tersebut.

”Kalau mereka turun itu pasti tim. Dokternya enggak cuma satu. Ada dokter, perawat, psikolog, dan ahli gizi. Ketika mereka turun, semua melakukan sesuai dengan keilmuan untuk perbaikan hidup pasien,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pemkot juga memberikan bantuan gizi untuk pasien penderita kanker. Misalnya, susu dan makanan tambahan. Selain itu, bantuan renovasi rumah pasien kanker yang kumuh atau tidak layak dilakukan dinkes.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Ditahan KPK, Jaksa Kejari Surakarta Satriawan Diam Seribu Bahasa - Gudang Berita Viral Ditahan KPK, Jaksa Kejari Surakarta Satriawan Diam Seribu Bahasa
Kamis, 22 Agu 2019, 05:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ladies, Coba 10 Gaya Rambut Agar Tampil Cantik ke Kampus atau Sekolah - Gudang Berita Viral Ladies, Coba 10 Gaya Rambut Agar Tampil Cantik ke Kampus atau Sekolah
Kamis, 22 Agu 2019, 05:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Berkendara Motor Ngebut dengan Kepala di Bawah, Pria Ini Ukir Rekor - Gudang Berita Viral Berkendara Motor Ngebut dengan Kepala di Bawah, Pria Ini Ukir Rekor
Kamis, 22 Agu 2019, 05:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print