Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 30 Agu 2019, 19:00:06 WIB, 10 View Tim Redaksi, Kategori : News
Paripurna Terakhir DPRD Jatim, APBD Tambah Rp 4,4 Triliun - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Rapat paripurna terakhir anggota DPRD Jatim periode 2014–2019 berlangsung kemarin (29/8). Rapat dengan agenda pengesahan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) 2019 itu juga menjadi momentum pamitan.

Seperti yang dilakukan Soenarjo, wakil ketua DPRD dari Fraksi Golkar. Dia mengucap lagu Mansyur S. berjudul Pengorbanan. ’’Bukan perpisahan yang kutangisi, namun pertemuan yang kusesali,’’ katanya. Sontak, peserta rapat tertawa.



Pada kesempatan itu, Soenarjo berpamitan. Selepas ini dia tidak lagi menjadi anggota DPRD Jatim. Menurut dia, ada anggota dewan yang nyalon, tetapi tidak jadi. Ada pula yang memang tidak nyalon, makanya tidak jadi. ’’Yang seperti itu tidak nyesel,’’ ujarnya.

Celotehan itu disampaikan di sela-sela menyampaikan pandangan. Rapat menjadi gayeng. Semua terhibur. Soenarjo berhasil memberikan kesan pada rapat paripurna terakhir itu.

Hasil dari rapat tersebut adalah pengesahan PAPBD Jatim 2019. Pada PAPBD itu, tercatat penambahan kekuatan anggaran belanja daerah Rp 4,4 triliun. Dari Rp 33,5 triliun menjadi Rp 37,9 triliun.

Perinciannya, belanja tidak langsung yang semula dianggarkan Rp 22,6 miliar berubah menjadi Rp 25,7 miliar. Dengan kata lain, bertambah sekitar Rp 3,1 miliar. Adapun belanja langsung yang dialokasikan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) semula dianggarkan Rp 10,9 miliar naik menjadi Rp 12,2 miliar. Dengan begitu, ada penambahan Rp 1,3 miliar.

Kemarin berbagai masukan juga disampaikan kepada segenap jajaran Pemprov Jatim dalam rapat paripurna. Misalnya, masukan yang disampaikan PDIP. Di antaranya, percepatan pembangunan East Java Super Corridor (EJSC) di Bakorwil Jember, Malang, Madiun, Bojonegoro, dan Pamekasan.

Juga imbauan agar pembentukan tim reformasi birokrasi Pemprov Jatim segera dituntaskan dan diimplementasikan. Tidak kalah penting adalah kegiatan pembentukan penyuluh antiradikalisme dan antiterorisme yang diharapkan segera direalisasikan dan diimplementasikan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak hadir dalam rapat paripurna itu. Menurut Khofifah, berbagai masukan, kritik, dan saran yang disampaikan merupakan bagian dari dasar membuat program.

’’Ini bagian dari upaya meningkatkan penguatan, pendalaman, dan penajaman dari berbagai program yang dilaksanakan Pemprov Jawa Timur,’’ ujarnya.

Dalam penjelasannya, Khofifah juga menyatakan bahwa PAPBD tersebut akan menjadi pijakan dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan di Jawa Timur. ’’Pembahasan ini menjadi kelanjutan pembangunan dari mandat yang kami terima. Tentu itu menjadi bagian penting pada penyusunan APBD ini,’’ tuturnya.

Anggaran APBDP Jatim 2019

  • Penambahan Rp 4,4 triliun
  • Bertambah dari Rp 33,5 triliun menjadi Rp 37,9 triliun
  • Untuk belanja langsung Rp 12,2 triliun, naik Rp 1,3 triliun dari Rp 10,9 triliun
  • Untuk belanja tidak langsung Rp 25,7 triliun, naik Rp 3,1 triliun dari Rp 22,6 triliun

Perincian belanja langsung di antaranya untuk:

  • Anggaran pendidikan bertambah Rp 51,8 miliar yang antara lain digunakan untuk penambahan program pendidikan gratis berkualitas (tistas).
  • Anggaran kesehatan bertambah Rp 480 miliar.
  • Anggaran pekerjaan umum dan penataan ruang bertambah Rp 47,4 miliar.



Sumber: jawapos.com

Tag: News



Imam Nahrawi Bantah Terima Duit Suap Sebesar Rp 26,5 Miliar - Gudang Berita Viral Imam Nahrawi Bantah Terima Duit Suap Sebesar Rp 26,5 Miliar
Kamis, 19 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 3 Kali
Safe House Kemensos Diserbu Warga Korban Karhutla - Gudang Berita Viral Safe House Kemensos Diserbu Warga Korban Karhutla
Kamis, 19 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ketika Susy Susanti Bela Negara di Tengah Kacaunya Kondisi Indonesia - Gudang Berita Viral Ketika Susy Susanti Bela Negara di Tengah Kacaunya Kondisi Indonesia
Kamis, 19 Sep 2019, 00:00:11 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print