Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 05 Okt 2019, 17:00:08 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
Papua Belum Kondusif, Akuisisi SPV oleh BTN Terhambat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua tidak hanya berdampak terhadap sosial dan keamanan, tetapi juga ekonomi. Pelaku usaha di sektor perbankan misalnya tidak bisa menjalankan aktivitas dengan tenang. Sejumlah rencana aksi korporasi juga tertahan.

Salah satu bank pelat merah yang mengalami hambatan akibat kerusuhan di Papua yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Direktur Keuangan & Treasury BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, rencana perseroan mengakuisisi perusahaan modal ventura, PT Sarana Papua Ventura (SPV), terhambat kerusuhan di Papua.



“Pengambilalihan PT Sarana Papua Ventura (SPV) masih terkendala kurang kondusifnya situasi di Papua,” kata Nixon dalam Media Gathering di Jogjakarta, Jumat (4/10).

Nixon lebih lanjut mengatakan, kerusuhan di Wamena Papua membuat pihak-pihak yang bertugas melakukan uji tuntas (due diligence) khawatir akan keamanan di sana. “Konflik Papua membuat yang (mau) due diligence nggak berani berangkat,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua membuat masyarakat cemas. TNI/Polri turun tangan. Gubernur Papua Lukas Enembe pun menyampaikan permohonan maaf.

Lebih dari 30 orang meninggal dunia, sekitar 17 ribu pengungsi mengantre untuk eksodus. Kabar terbaru, gelombang eksodus terus bermunculan, hingga Bupati Jayawijaya John Richard Banua meminta TNI menghentikan penerbangan Hercules yang mengangkut masyarakat keluar Wamena.

Mereka butuh penduduk tetap bertahan untuk menggerakkan roda kehidupan. “Untuk sementara Hercules jangan masuk dulu (ke Wamena, Red),” ujar John sambil menyebut bahwa permintaan itu sudah dia ajukan kepada Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

John tidak menutup mata, banyak orang yang trauma setelah kerusuhan Senin (23/9). Amuk massa tidak hanya merusak sejumlah infrastruktur, tapi juga turut memakan puluhan korban jiwa.

Namun, pemulihan Wamena juga penting. Dia tidak ingin kerusuhan sampai melumpuhkan daerah itu. Jangan sampai semua orang meninggalkan Wamena.

Akuisisi PNM IM ‘Digantung’ OJK

Sementara itu, di samping akuisisi SPV, BTN juga punya rencana penyertaan modal ke PNM Investment Management (PNM IM). Untuk rencana ini, Nixon menjelaskan prosesnya masih ‘nyangkut’ di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Mereka minta dijelaskan harga. Ditanya, urgensinya apa (akuisisi PNM IM)?” kata Nixon.

Mengenai urgensi ini Nixon menjelaskan, untuk bisa ikut dalam program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), sebuah bank harus memiliki manajer investasi (MI). Berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Tapera, MI inilah yang akan berperan sebagai pengelola dana Tapera.

“Kami jelaskan, ini urgensinya Tapera. Kalau (akuisisi PNM IM) ini nggak jalan, kami nggak bisa ikut bidding,” imbuh Nixon.

Dia berharap, OJK segera memberikan izin kepada BTN untuk mengakuisisi PNM IM. Sebab menurutnya, akan aneh jika bank yang punya core business di pembiayaan perumahan, tidak bisa ikut dalam program Tapera.

“Ada Tapera tapi hubungan bisnisnya bukan sama bank perumahan, ini lucu juga. Ini kami ingatkan lagi ke regulator,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Maizura Nyanyikan Single OST Film Bebas ‘Aku Tanpamu’ - Gudang Berita Viral Maizura Nyanyikan Single OST Film Bebas ‘Aku Tanpamu’
Rabu, 16 Okt 2019, 02:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
KPK Menduga Ada Transaksi Rp 1,5 Miliar Terkait OTT di Kaltim - Gudang Berita Viral KPK Menduga Ada Transaksi Rp 1,5 Miliar Terkait OTT di Kaltim
Rabu, 16 Okt 2019, 02:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PUBG Mobile Campus Championship Resmi Digelar  - Gudang Berita Viral PUBG Mobile Campus Championship Resmi Digelar
Rabu, 16 Okt 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print