Kamis, 21 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 04 Nov 2019, 18:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Panggung Literasi Untuk Promosikan Cinta Membaca - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Pusat bersama Komunitas Rupa Kata (Koruka) akan menggelar acara Panggung Literasi bertajuk ‘Dari Buku Aku Berkarya’ di halaman kantornya di Jalan Tanah Abang 1, Nomor 1, RW 11/08, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta. Acara tersebut diramaikan pertunjukan seni dan budaya hingga lokakarya (workshop) yang diikuti ratusan peserta dari beragam komunitas, pelajar sekolah dan elemen masyarakat di lingkungan RT dan RW setempat.

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, Meti Lastri mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk mendorong minat dan kegemaran membaca di kalangan anak-anak dan remaja, khususnya di wilayahnya. “Selain itu juga untuk mempromosikan kegiatan cinta membaca, cinta perpustakaan,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima gudangberitaviral.com, Minggu (3/11).



Meti menjelaskan, di acara Panggung Literasi ini, pihaknya melibatkan berbagai komunitas, pelajar sekolah dan perwakilan masyarakat dari wilayah Petojo Selatan. Mereka dihadirkan sebagai penampil yang akan menghibur pengunjung melalui pertunjukan seni dan budaya dari pukul 08.00-20.00 WIB. “Masyarakat setempat tampil untuk unjuk kebolehan di panggung ini,” katanya.

Selama pertunjukan di panggung, acara ini juga diramaikan dengan kegiatan workshop mural, menulis puisi, teater dan resensi buku yang diikuti peserta dari anak-anak sekolah hingga masyarakat umum. Dalam workshop tersebut, peserta dibekali materi dan praktek mengenai cara membuat mural, menulis puisi dan olah peran teater dari sejumlah nara sumber profesional.

Di antaranya aktor Bambang Ismantoro (Bei), aktor Bambang Wahyudin (seni teater), Irmansyah dan Lukman Asya (sastra), Bambang Asrini Widjanarko dan Ridwan Manantik (seni rupa) . “Untuk puisi, prakteknya para peserta diminta membuat satu puisi lalu dibawakan di Panggung Literasi. Begitu juga dengan teater. Khusus untuk mural, kita siapkan ruang di basement untuk mereka praktek mural,” ungkap Meti.

Sementara itu, Kepala Seksi Perpustakaan Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, Tanwil menambahkan, kegiatan ini baru kali pertama digelar dengan melibatkan komunitas, akademisi, jurnalis, praktisi seni, karang taruna, kader PKK, kelompok masyarakat, para aparatur kelurahan dan kecamatan. Mereka diajak berkolaborasi menyusun acara edukatif yang ditargetkan mampu menyedot 700 hingga 1.000 pengunjung ini. “Selain itu kegiatan ini juga melibatkan partisipasi anak-anak berkebutuhan khusus, baik secara personal maupun kelompok,” sambungnya.

Tanwil berharap, melalui acara ini bisa muncul euoforia dari masyarakat akan budaya membaca. Panggung Literasi ini juga diharapkan dapat mempromosikan perpustakaan menjadi rumah ketiga masyarakat. “Bagi anak pelajar, rumah pertamanya itu tempat tinggalnya, rumah keduanya sekolah dan rumah ketiganya perpustakaan. Konsep pemikiran ini yang mau kita tularkan. Gemar membaca menjadi bagian dari gaya hidup,” harapnya.

Sedangkan, Ketua Komunitas Rupa Kata (Koruka) sekaligus Ketua Panitia Acara Panggung Literasi, Frans Eko Dhanto menuturkan, pada momen ini juga dibuat sebuah instalasi buku berukuran raksasa karya Agus Firmansyah yang diletakkan di atas panggung. Karya Firman yang lain adalah instalasi 1000 buku yang digelar di seantero pelataran Kantor Sudin Pusip Jakarta Pusat. “Saya berharap keberadaan karya buku raksasa dan instalasi 1.000 buku dapat memancing masyarakat untuk semakin mencintai dunia perbukuan,” tandas Frans.

Pemberdayaan Minat Baca

Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Utara menggelar lomba mewarnai di 10 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Selain mengasah ketangkasan anak, lomba ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat baca sejak usia dini.

“Lomba kreatifitas yang kami gelar adalah lomba mewarnai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan daya imajinasi dan kreatifitas anak-anak,” terang Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Utara Jeje Nurjaman.

Jeje mengatakan, acara bertajuk Festival RPTRA ini terbuka untuk umum dengan rentan usia lima sampai sembilan tahun. Setiap anak mengadu ketangkasan dalam mewarnai kertas gambar berukuran A3. Ia merasa senang, lomba mewarnai ini mendapat respon positif dari masyarakat.

“Acara ini termasuk dalam gerakan pemberdayaan minat baca. Untuk di Jakarta Utara, gerakan ini digelar dengan lomba mewarnai,” kata Jeje.

Jeje berharap dengan adanya kegiatan ini, anak-anak termotivasi untuk gemar membaca, terutama buku bacaan yang berada di perpustakaan RPTRA. Sehingga ke depannya anak-anak dapat memiliki wawasan materi lebih dari yang didapatkan di sekolah.

“Kegiatan ini sekaligus memotivasi anak untuk gemar membaca. Dengan dibimbing petugas yang memperkenalkan buku bacaan di perpustakan. Jadi anak-anak diharapkan memiliki wawasan lebih dari yang didapatkan di sekolah,” ungkapnya.

Pelaksanaan lomba mewarnai di RPTRA Bawang Putih, Tanjung Priok, diikuti oleh puluhan anak dari berbagai sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Lima terbaik hasil mewarnai ini akan diberikan trophy dan sertifikat dari Sudin Perpustakaan dan Arsip Jakarta Utara. “Setiap RPTRA akan diambil lima pemenang. Yaitu Juara 1, 2, 3, harapan 1 dan harapan 2,” ujarnya.

Wiharti, salah satu orang tua peserta menyampaikan kegiatan ini tentunya sangat positif. “Kita manfaatkan RPTRA untuk tempat berkumpul anak-anak. Salah satu giat perlombaan ini bagus sekali. Anak-anak dapat mengembangkan imajinasi,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Wiharti, acara seperti ini juga sangat baik untuk mengasah keberanian anak beraktivitas di depan umum. Apalagi, RPTRA sebagai lokasi yang bertujuan tak hanya sebagai lokasi bermain, namun juga sebagai lokasi edukasi anak. “Harapannya lebih sering lagi mengadakan acara seperti ini. Bagus untuk anak menggali ilmu. Apalagi di sini (RPTRA) juga disediakan perpustakaan. Anak-anak bisa termotivasi membaca buku,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Panggung Literasi Untuk Promosikan Cinta Membaca

Tag: News



Terus Ingin Belajar Dari Kasus Penolakan Kevin Sanjaya Sukamuljo - Gudang Berita Viral Terus Ingin Belajar Dari Kasus Penolakan Kevin Sanjaya Sukamuljo
Kamis, 21 Nov 2019, 13:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kata Politikus PPP, Putri Tanjung Bakal Jadi Staf Khusus Muda Presiden - Gudang Berita Viral Kata Politikus PPP, Putri Tanjung Bakal Jadi Staf Khusus Muda Presiden
Kamis, 21 Nov 2019, 13:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ekonomi Membaik, Industri Asuransi Diproyeksikan Bakal Tumbuh Positif - Gudang Berita Viral Ekonomi Membaik, Industri Asuransi Diproyeksikan Bakal Tumbuh Positif
Kamis, 21 Nov 2019, 13:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print