Rabu, 13 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 01 Nov 2019, 14:00:09 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Palapa Ring Rampung, Kominfo Kini Fokus Literasi dan Ekosistem Digital - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pembangunan jaringan serat optik Palapa Ring telah rampung dan sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pertengahan bulan ini bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) periode 2014-2019, Rudiantara. Usai Palapa Ring rampung, Kemenkominfo selanjutnya mengaku ingin fokus pada literasi dan pengembangan ekosistem digital.

Direktur Jenderal Informasi dan Komuniksi Publik (IKP) Kemkominfo Widodo Muktiyo menyampaikan, pemerintah selanjutnya akan berupaya agar akses internet yang dihasilkan dari Palapa Ring bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dan mendorong pemerataan ekonomi digital. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan memperkuat literasi supaya akses internet tidak disalahgunakan.



“Harus dipersiapkan, kemungkinan akan ada shock culture dengan akses internet. Oleh karena itu, kami akan menguatkan literasi media sosial agar akses internet tidak disalahgunakan,” ujar Widodo di acara diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Kamis (31/10).

Dirinya lebih jauh mengatakan, pemerintah akan berusaha agar literasi digital ini merata di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah juga membuka opsi kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan literasi masyarakat.

“Kami akan bekerja sama juga dengan Pemda karena mereka juga punya program untuk meningkatkan literasi masyarakat. Hal ini penting karena internet itu seperti pisau, bisa negatif dan positif. Tentu kami berharap internet bisa dipakai untuk hal positif,” sambungnya.

Selain itu, selesainya Palapa Ring yang yang akan membawa jaringan internet masuk lebih dalam ke daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia, harus dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Widodo menyampaikam, akan semakin banyak kreativitas dihasilkan dengan adanya akses internet, sehingga dapat membantu pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kemenkominfo, Anang Latif menyampaikan, pertumbuhan penetrasi internet juga membuat lebih banyak orang bisa mengakses banyak konten.

Setelah pembangunan Palapa Ring, masyarakat di wilayah pembangunan bisa menikmati konten internet yang sebelumnya susah diakses. “Tugas kami, pertama bagaimana agar infrastrukturnya selesai, baru nanti dimanfaatkan semua. Dulu ekosistemnya memang tidak seperti sekarang, sekarang kontennya sudah banyak,” terangnya.

Untuk menghadirkan lebih banyak konten yang bermanfaat, lanjut Anang, pemerintah menggandeng startup lokal dan salah satunya adalah Ruangguru.

Yayasan Ruangguru dan Bakti memberikan pelatihan online gratis selama satu tahun kepada ratusan guru terpilih di wilayah 3T. Pelatihan ini merupakan program Indonesia Teaching Fellowship (ITF) di daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara dan Kota Sorong, Papua Barat. Wilayah ini termasuk dalam area pembangunan Palapa Ring.

Anang mengatakan, program-program serupa akan diperluas dengan menggandeng kementerian-kementerian lain juga. “Kami akan memadukan dan koordinasikan startup yang ada di Indonesia dengan kementerian lain yang membutuhkan,” tandas Anang.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Palapa Ring Rampung, Kominfo Kini Fokus Literasi dan Ekosistem Digital

Tag: News



 PGN Raih 3 Penghargaan MarCom Awards 2019  - Gudang Berita Viral PGN Raih 3 Penghargaan MarCom Awards 2019
Rabu, 13 Nov 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Minyak Berjangka Berakhir Terbatas  - Gudang Berita Viral Harga Minyak Berjangka Berakhir Terbatas
Rabu, 13 Nov 2019, 07:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ketum PSSI Bertemu Presiden AFC di Kuala Lumpur  - Gudang Berita Viral Ketum PSSI Bertemu Presiden AFC di Kuala Lumpur
Rabu, 13 Nov 2019, 07:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print