Kamis, 21 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 08 Nov 2019, 18:00:16 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Pakar Sebut Partai Gelora Lahir Karena Ketidakpuasan pada PKS - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Mantan elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah dan Anis Matta dalam waktu dekat ini akan mendeklarasikan Partai Gelombang Rakyat (Gelora). Sejumlah tokoh dan pesohor dikabarkan bakal bergabung di parpol itu. Salah satunya mantan Wagub Jabar Deddy Mizwar.

Menurut Fahri, atribut partai berupa bendera, topi dan kaus dengan logo Partai Gelora juga sudah tersebar. Logo partai juga menurutnya sudah banyak tersebar melalui jejaring media sosial.



“Selain atribut, struktur partai juga sudah terbentuk sampai ke daerah. Tenang, kita main pelan saja dan Insya Allah nanti tanggal 10 (November) kami akan deklarasikan,” kata Fahri kepada gudangberitaviral.com.

Diketahui, sebelum Partai Gelora terbentuk, Fahri dan Anis lebih dulu mendirikan organisasi masyarakat (Ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi). Menurut mantan Wakil Ketua DPR itu, Garbi akan tetap berdiri sebagai ormas. Sementara itu, Partai Gelora katanya dibentuk dari aspirasi rekan-rekan di Garbi juga.

“Partai Gelora ini berasal dari aspirasi teman-teman di Garbi juga. Mereka berpikir, setelah membuat ormas, apa salahnya juga mendirikan partai politik,” ujar Fahri.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik Emrus Sihombing menilai, latar belakang didirikannya partai baru yang berisi tokoh eks sebuah parpol biasanya karena ada ketidakpuasan.

“Fenomena seperti ini biasanya terjadi karena ada elite kader yang tidakpuas dengan kebijakan partai. Maka kader itu biasanya keluar dan mendirikan partai baru,” kata Emrus, Jumat (8/11).

Dia mencontohkan Partai Golkar dulu ada beberapa kader yang keluar dan mendirikan partai lagi. Seperti Wiranto yang mendirikan Hanura, kemudian Surya Paloh yang membentuk Nasdem.

“Itu fenomena politik yang kita lihat di republik ini,” ungkap Emrus.

Direktur eksekutif Emrus Corner itu menilai adanya fenomena seperti ini menunjukkan bahwa parpol di Indonesia belum bisa menjadi partai modern. Sebab, ketika ada masalah yang ujungnya bisa menimbulkan konflik, maka jalan keluarnya adalah lebih cenderung akan memilih mendirikan partai baru.

“Tidak ada upaya melakukan penyelesaian kepentingan politik itu secara internal,” jelasnya.

Menurut Ermus, partai modern adalah parpol yang bisa menyelesaikan persoalan internal mereka supaya bisa menjadi sebuah organisasi yang besar.

Dia menyebut salah satu partai modern sekarang ini adalah PDI Perjuangan di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnputri. Menurut dia, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu sangat bagus mengelola persoalan  internal mereka sehingga menjadi yang terbesar sekarang ini.

“Saya belum melihat pada partai lain,” tegasnya.

Diketahui, Selain Fahri dan Anis, Gelora juga di isi oleh sejumlah mantan kader PKS lainnya. Seperti, Mahfudz Siddiq, Rofi Munawar, dan Achmad Rilyadi.

Selain eks kader, sejumlah kader PKS pun disebut akan merapat ke bakal partai baru ini. Mereka adalah Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi dan bekas Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Pakar Sebut Partai Gelora Lahir Karena Ketidakpuasan pada PKS

Tag: News



Lift Stasiun Parung Panjang Ambruk, 7 Orang Berhasil Diselamatkan - Gudang Berita Viral Lift Stasiun Parung Panjang Ambruk, 7 Orang Berhasil Diselamatkan
Kamis, 21 Nov 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Oleh Sang Ayah, Dokic Pernah Ditendang, Dijambak, Diusir, dan Diludahi - Gudang Berita Viral Oleh Sang Ayah, Dokic Pernah Ditendang, Dijambak, Diusir, dan Diludahi
Kamis, 21 Nov 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Kasus Distribusi Pupuk, Dirut Petrokimia Gresik Beberkan Semua ke KPK - Gudang Berita Viral Kasus Distribusi Pupuk, Dirut Petrokimia Gresik Beberkan Semua ke KPK
Kamis, 21 Nov 2019, 21:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print