Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 13:00:07 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Oposisi Siapkan Skema Gulingkan Boris Johnson - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Posisi Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson terancam. Oposisi berencana menggulingkannya dengan mosi tidak percaya. Mereka kini menggalang dukungan. Pengajuannya akan dilakukan awal pekan depan. Lalu, voting dilaksanakan di pengujung pekan tersebut.

”Kami harus melakukannya karena kini tidak ada keyakinan bahwa PM akan menaati hukum dan meminta perpanjangan,” ujar anggota parlemen dari Scottish National Party (SNP) Stewart Hosie kepada BBC akhir pekan lalu.



Yang dimaksud Hosie adalah undang-undang yang disahkan oleh parlemen beberapa pekan lalu atau yang disebut Benn Bill. Di dalamnya terdapat perintah agar Johnson meminta perpanjangan waktu tiga bulan untuk Brexit. Tambahan waktu diperlukan jika Johnson tak mampu membuat kesepakatan baru yang memuaskan parlemen hingga 19 Oktober mendatang. Jadwal cerai dari Uni Eropa (UE) 31 Oktober.

Anggota senior SNP itu menegaskan, memang ada kekhawatiran bahwa Johnson akan menemukan cara untuk tak menaati aturan hukum tersebut. Selama ini, Johnson bersikukuh untuk keluar dari UE, apa pun caranya, di tanggal yang ditentukan. Entah itu dengan mengantongi kesepakatan atau tidak sama sekali alias no deal Brexit.

Jika dalam voting nanti Johnson kalah, posisinya digantikan oleh Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh. Itu hanya sementara hingga pemilu digelar. Pemimpin SNP Nicola Sturgeon sehari sebelumnya juga menyatakan bahwa dirinya mungkin mendukung Corbyn untuk menjadi PM sementara.

”Rencana itu membutuhkan persetujuan partai-partai oposisi dan pemberontak Partai Konservatif,” tegas Hosie.

Sementara itu, Corbyn mengungkapkan bahwa prospek adanya pemerintahan sementara kian mendekati kenyataan setiap hari. Dia juga sudah siap jika nanti harus menggantikan Johnson. Sesuai aturan, bila pemerintahan bubar, pemimpin oposisi diminta untuk membentuk pemerintahan minoritas. Tugasnya adalah memastikan pemerintahan berjalan tanpa kekacauan dan menyiapkan pemilu.

Johnson masih berpeluang menang dalam voting nanti. Sebab, tak semua orang menyukai Corbyn. Pemimpin Partai Liberal Demokrat Jo Swinson salah satunya. Dia tidak terlalu suka dengan sosok Corbyn yang dianggap sebagai pemecah belah. Karena itu, dia tak yakin Corbyn bisa membuat pemerintahan sementara yang bersatu. Menurut dia, anggota senior parlemen yang berencana mundur dalam pemilu selanjutnya dianggap lebih layak.

Sementara itu, Johnson tetap pada keyakinannya. Menurut dia, masih ada peluang untuk membuat kesepakatan bagus dan pemerintah masih bekerja untuk mewujudkannya. Dia juga menegaskan bahwa Brexit tetap bisa terjadi sesuai jadwal meski nanti tidak ada kesepakatan.

Menurut dia, Benn Bill hanya melemahkan posisi negosiasi Inggris. Perpanjangan waktu juga hanya akan merugikan Inggris secara finansial. Karena itu, Johnson tak mau mengambil opsi tersebut. Dia tidak akan meminta perpanjangan waktu kepada UE.

Jika berhasil melewati mosi tidak percaya, dia tetap harus meyakinkan parlemen dengan kesepakatan yang dimilikinya. Kalau toh parlemen tidak mau, dia tidak akan mengundurkan diri untuk menghindari mengemis waktu kepada UE.

”Tidak, saya berjanji untuk memimpin partai dan negara saya di masa yang sulit dan saya akan terus melakukannya,” tegasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Beli Pisau di Surabaya, Target Awal Habisi Selingkungan Istri Siri - Gudang Berita Viral Beli Pisau di Surabaya, Target Awal Habisi Selingkungan Istri Siri
Minggu, 20 Okt 2019, 14:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Penuh Aksi dan Emosi, 5 Adegan Terbaik Lee Seung Gi di Vagabond - Gudang Berita Viral Penuh Aksi dan Emosi, 5 Adegan Terbaik Lee Seung Gi di Vagabond
Minggu, 20 Okt 2019, 14:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Prabowo dan Sandiaga Uno Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin - Gudang Berita Viral Prabowo dan Sandiaga Uno Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin
Minggu, 20 Okt 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print