Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 19:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Operasi Pemisahan Akila-Azila: Dokter Gunakan VAC untuk Tutup Luka - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Rencana operasi bayi kembar siam asal Kendari, Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina, terus dipersiapkan tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSUD dr Soetomo. Si kembar itu mengalami thoracoabdominopagus atau dempet bagian dada hingga perut bawah. Nanti, untuk menutup luka bekas operasi yang besar tersebut, digunakan alat khusus. Yakni, vacuum assisted closure (VAC) Salah satu dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi estetik yang akan ikut merekonstruksi bayi kembar siam itu adalah dr Sitti Rizaliyana SpBP-RE (K). Dia mengatakan, dempet yang cukup besar akan membuat luka bekas operasi juga besar.

Setelah operasi, dia dan tim akan melakukan perbaikan. Dia menuturkan akan berupaya agar kulit Akila dan Azila bisa menutup. Caranya, memindahkan atau menggeser kulit di pinggir untuk menutup luka akibat pemisahan itu. Dengan begitu, tidak perlu ditambahkan jaringan kulit dari bagian tubuh lain. Namun, apabila cara penutupan kulit tersebut tidak bisa dilakukan, dia tak akan memaksanya. ”Sebab, kalau dipaksa menutup, malah kulitnya akan mati,” ungkapnya kemarin (8/8).



Karena itu, akan dilakukan perawatan luka. Hingga saat ini, VAC digunakan sebagai salah satu alternatif perawatan luka dengan bekas yang luas. Menurut dia, VAC bisa menarik sel rusak keluar dari pembuluh darah ke dalam jaringan, mengurangi pembengkakan di sekitar luka, dan mempercepat pengecilan luka.

Jika dokter menggunakan alat tersebut, diperkirakan maksimal dua bulan luka akan sembuh. ”Memang agak lebih lama dibandingkan menutup kulit dengan menggeser kulit pinggir. Namun, perawatan luka dengan VAC harus kami lakukan jika cara pertama tidak berhasil,” ujarnya.

Untuk merekonstruksi jaringan di bawah kulit, dia menyerahkan sepenuhnya pada dokter spesialis bedah toraks dan kardiovaskuler. Pada operasi pemisahan tersebut, dokter itu akan merekonstruksi dinding dada. Nanti dinding dada yang terbuka diberi fasia. Yakni, jaringan ikat berbentuk lembaran yang menyelimuti otot. ”Akan diambilkan dari paha bayi,” tuturnya.

Sementara itu, dokter anak RSUD dr Soetomo dr Agus Harianto SpA (K) optimistis bisa memisahkan dua bayi tersebut. ”Memang risiko-risiko pasti tidak bisa terhindarkan. Namun, kami akan berusaha semampu kami,” ucapnya.

Saat ditemui di ruang rawat inap anak (IRNA) Bobo-I ruang 7, orang tua si kembar, Selvina Dewi dan Jayasrin, terlihat sedang bermain dengan anak-anak mereka. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Diberi Obat Kedaluwarsa, Ibu Hamil Polisikan Puskesmas Kamal Muara - Gudang Berita Viral Diberi Obat Kedaluwarsa, Ibu Hamil Polisikan Puskesmas Kamal Muara
Kamis, 22 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Terlibat Kasus Pemerkosaan, 4 Remaja Diringkus - Gudang Berita Viral Terlibat Kasus Pemerkosaan, 4 Remaja Diringkus
Kamis, 22 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
“Si Pink” Bright Gas Ramaikan Festival Kuliner Sukabumi - Gudang Berita Viral “Si Pink” Bright Gas Ramaikan Festival Kuliner Sukabumi
Kamis, 22 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print