Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 07 Okt 2019, 15:00:07 WIB, 5 View Tim Redaksi, Kategori : News
Oktober, Ekonomi Halal untuk CAD - Gudang Berita Viral

MERUJUK pada Undang-Undang Jaminan Produk Halal (UU JPH), kewajiban adanya sertifikat halal pada produk yang masuk dan beredar di seluruh wilayah Indonesia per 17 Oktober 2019 telah berlaku. Artinya, kewajiban tersebut bagi industri makanan dan minuman berlaku hanya dalam hitungan dua pekan karena industri itu merupakan yang pertama dikenai kewajiban lantaran dinilai paling siap dan berhubungan langsung dengan masyarakat.

Meski pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dianggap belum siap melaksanakan UU tersebut, Oktober bisa menjadi momentum bagi pemerintah untuk mendorong dunia usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sebagai penggerak produk halal. Hal itu tidak saja semata ditujukan untuk memenuhi amanat UU JPH, tetapi juga membantu Indonesia dalam memperbaiki defisit transaksi berjalan alias current account deficit (CAD).



Produk halal Indonesia pada gilirannya akan membantu mengurangi impor produk halal yang sebenarnya juga menjadi penyebab CAD yang membebani neraca perdagangan. Selain diharapkan bisa membantu perbaikan CAD, produk halal Indonesia akan memiliki peluang lebih besar untuk bersaing di pasar ekspor, terutama di negara muslim.

Pada semester I 2019, CAD Indonesia menembus 3 persen produk domestik bruto (PDB). CAD pada kuartal II 2019 mencapai 3,04 persen dan CAD kuartal II menjadi yang terburuk sejak 2014. Pembengkakan CAD ditengarai terjadi karena faktor pembayaran bunga utang luar negeri, dampak perlambatan ekonomi dunia, melemahnya harga komoditas, dan repatriasi dividen.

Tahun depan pembengkakan CAD masih menghantui. Betapa tidak, alokasi belanja pemerintah pusat untuk melunasi bunga utang pada 2020 meningkat Rp 295,2 triliun dalam APBN 2020 atau tumbuh 6,9 persen dari outlook realisasi pembayaran bunga utang 2019 sebanyak Rp 276,1 triliun.

Ketegangan hubungan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok diperkirakan juga terus berlanjut dan semakin menekan volume perdagangan dunia serta memperlambat pertumbuhan ekonomi global. Kinerja ekspor Indonesia pun terimbas lantaran turunnya permintaan dunia dan harga komoditas. Repatriasi dividen musiman, biasanya pada awal tahun, dapat menjadi katalis yang kian melemahkan rupiah saat mengawali 2020.

Insentif

Salah satu langkah strategis dalam Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019–2024 adalah penguatan sektor UMKM sebagai penggerak utama rantai nilai produk halal. Indonesia berpeluang menjadi pasar produk halal terbesar di dunia sekaligus menjadi produsen utama bagi industri halal global.

Pada 2017, lebih dari 20 persen PDB Indonesia berhubungan dengan konsumsi produk halal. Konsumsi produk halal Indonesia mencapai USD 200 miliar atau 36 persen dari konsumsi rumah tangga. Sayang, konsumsi produk halal nasional masih didominasi produk impor luar negeri sebagai komponennya. Orientasi pasar domestik dengan bahan baku impor dalam jangka panjang akan memperburuk struktur ekonomi.

Merujuk kajian State of Global Islamic Economy 2018–2019, pada 2017, dari belanja Indonesia untuk seluruh sektor halal USD 218,8 miliar, Indonesia menghabiskan USD 170 miliar untuk belanja produk makanan halal. Hal itu juga menempatkan Indonesia pada peringkat pertama dari 10 negara sebagai Top Muslim Food Expenditure. Pada periode tersebut, konsumsi makanan halal penduduk dunia mencapai USD 1.303 miliar.

Pada tataran inilah, pemerintah melalui BPJPH bisa menjadikan Oktober sebagai momentum bagi dunia usaha, terutama yang bergerak di industri makanan-minuman, untuk peduli sertifikasi halal. Pemerintah pun seyogianya memberikan insentif bagi industri tersebut, mulai sertifikasi gratis, bantuan promosi dan pemasaran produk, bebas pajak, atau kemudahan mengakses sertifikat halal. Masa transisi lima tahun bukan waktu yang panjang mengingat proses sertifikasi umumnya membutuhkan waktu minimal tiga bulan dan jumlah UMKM makanan-minuman yang layak sertifikasi diperkirakan mencapai 1,6 juta.

Rantai Nilai

Perbaikan CAD tidak bisa dilakukan dalam jangka pendek karena masalahnya ada pada ekspor komoditas sebagai tumpuan struktur perekonomian. Karena itu, investasi domestik harus diarahkan untuk membangun industri bahan baku bernilai tambah yang mendorong ekspor. Ekspor menjadi opsi terbaik daripada utang luar negeri sebagai variabel perbaikan CAD karena peningkatan ketidakpastian ekonomi global akibat eskalasi perang dagang bisa memicu capital outflow dari Indonesia menuju safe haven.

Demikian pula sektor halal. Untuk mengarahkan industri halal berkontribusi bagi perbaikan CAD, dibutuhkan waktu yang tidak pendek. Masa transisi yang diberikan harus dioptimalkan dengan sejumlah insentif untuk mengakselerasinya. Pasalnya, produk halal bukan an sich terkait dengan urusan sertifikat belaka, melainkan juga bentuk transformasi struktural untuk meningkatkan nilai tambah serta daya saing melalui rantai nilai halal sehingga tercipta ekosistem bagi industri halal.

Menyambut 17 Oktober, pemerintah dan BPJPH tidak boleh kehilangan momentum. Meski kesiapan mereka dalam melaksanakan UU JPH disangsikan, amanat itu harus dijalankan karena potensi dan manfaatnya. Ekonomi halal sebagai arus baru perekonomian diharapkan bisa menjadi motor bagi UMKM dan industri halal untuk turut membantu perbaikan CAD dengan mengerek ekspor Indonesia. Ini juga menjadi ikhtiar untuk menahan meningkatnya suku bunga acuan dan kemungkinan depresiasi rupiah yang semakin dalam bila aksi capital outflow semakin besar.

Wallahu a’lam bish shawab. (*)

*) Khairunnisa Musari. Dosen tetap Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Jember, sekretaris II DPW IAEI Jawa Timur, sekretaris ISEI Jember




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Fabio Quartararo Bisa Kunci Gelar Rookie Terbaik di GP Jepang - Gudang Berita Viral Fabio Quartararo Bisa Kunci Gelar Rookie Terbaik di GP Jepang
Jumat, 18 Okt 2019, 18:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Warga Gaza dan Suriah Butuh Bantuan untuk Hadapi Musim Dingin - Gudang Berita Viral Warga Gaza dan Suriah Butuh Bantuan untuk Hadapi Musim Dingin
Jumat, 18 Okt 2019, 18:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Harga Leeds dan Newcastle Kemahalan, Investor Baru Batal Datang - Gudang Berita Viral Harga Leeds dan Newcastle Kemahalan, Investor Baru Batal Datang
Jumat, 18 Okt 2019, 18:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print