Jumat, 23 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 15:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Nostalgia Kehidupan Mahasiswa Era 90-an Lewat Film Koboy Kampus - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Membuat film dengan set masa lalu, bukan hal yang mudah. Namun dalam film ‘Koboy Kampus’ kerja sama produksi MNC Pictures dan 69 Production menyajikan kehidupan mahasiswa di era 1990-an. Set lokasi syuting diambil dengan nuansa mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) era 90-an.

Film ini bercerita dengan lantang suara mahasiswa di era reformasi. Saat itu Pidi (Jason Ranti) dan teman-temannya Ninuk (Ricky Harun), Deni (Bisma Karisma), Erwin (David John Schaap) dan Dikdik (Miqdad Auddasy) mendirikan sebuah negara sendiri yang bernama ‘Negara Kesatuan Republik The Panasdalam’. Film ini dikemas dengan bahasa yang ringan, unik, penuh candaan khas tahun 1990-an, mengangkat problematika masa kuliah dan kisah cinta yang diwarnai lagu-lagu segar dari The Panasdalam Bank.



Mulai dari suasana ruangan kelas, busana hingga aksesori yang digunakan para pemainnya, merupakan produk yang memang sedang tren di masanya. Bukan hanya set syuting, namun gaya bicara dan dialognya pun dibuat sangat mirip dengan apa yang terjadi dan dilakukan mahasiswa di era orde baru hingga reformasi tersebut.

Pidi Baiq dan Tubagus Deddy sebagai sutradara dan penulis skenario, menjelaskan film itu mengisahkan tentang kehidupan dirinya saat menjalani masa perkuliahan di ITB. Para pemain juga harus riset untuk menyesuaikan diri pada masa perkuliahan di era orde baru dan reformasi.

Film itu juga berisi bentuk protes para mahasiswa di ITB saat itu terhadap pemerintahan orde baru. Pidi Baiq sebagai salah satu penggagas dan teman-temannya, lebih memilih untuk mengkritisi pemerintahan saat itu melalui ide-ide konyol daripada turun ke jalan ikut berdemonstrasi.

Detail dalam film tersebut sangat diperhatikan Pidi Baik yang juga menjadi sutradara dan penulis skenario film ‘Koboy Kampus’. Agar suasana yang sudah dibangun menjadi lebih nyata tentang kehidupan para mahasiswa di era orde baru itu, Pidi pun meminta para bintangnya untuk melakukan riset terlebih dahulu.

“Saya ngecek di google dan YouTube, artikel dan video tentang mahasiswa di tahun 90-an. Dari gaya mereka melalui video-video amatir itu saya tahu tentang bagaimana mereka beraktivitas,” ujar aktor David John dalam keterangan tertulis, Senin (5/8).

Sementara itu, aktor lainnya, Bisma sampai mendatangi langsung lokasi syuting film ‘Koboy Kampus’, agar dia bisa merasakan masa-masa aktivitas mahasiswa di era 90-an. Dia juga harus mengobrol bersama alumnus atau manyan mahasiswa di era tersebut.

“Hal pertama yang saya lakukan adalah survei langsung ke lokasi syuting. Saya juga sempat ngobrol epada mahasiswa era 90-an untuk mengetahui apa saja keresahan yang dirasakan mereka selama orde baru,” ujar Bisma jebolan SM*SH itu.

Aktris Christina melakukan riset yang lebih mendalam tentang fashion yang digunakan para mahasiswi di era 90-an. Salah satunya dari gaya busana hingga penampilan mahasiswi di era itu.

“Saya melakukan riset seperti gaya busananya, rambutnya, perilaku, tren saat itu apa seperti gelang tali. Bahkan, model sepatunya pun juga. Biar tampilannya seperti mahasiswi era 90-an,” ungkap Christi.

Film Koboy Kampus saat ini masih ditayangkan di bioskop sejak 25 Juli 2019. Film tersebut mendapatkan sambutan dari masyarakat yang merindukan alternatif cerita sebagai tontonan keluarga di layar bioskop.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Kamil Ingin Pasar Cisarua Jadi Primadona  - Gudang Berita Viral Kamil Ingin Pasar Cisarua Jadi Primadona
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Madrid Pinjamkan Madrid Pinjamkan 'Messi Jepang' ke Mallorca
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Chamberlain Perpanjang Kontrak di Liverpool  - Gudang Berita Viral Chamberlain Perpanjang Kontrak di Liverpool
Jumat, 23 Agu 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print