Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 02 Agu 2019, 22:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Moms, Kulit Bayi yang Terlalu Higienis Juga Bisa Bahaya Lho! - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Demi menjaga kesehatan kulit sang anak, tak jarang ditemuka seorang ibu yang melarang orang lain jika ingin memegang atau menyentuh anaknya jika tidak cuci tangan terlebih dahulu. Atau ada pula yang melarang anak berlebihan untuk main di luar rumah khawatir kotor terkena debu dan polusi.

Tapi, apakah sikap perlindungan tersebut sudah benar?



Ternyata sikap seperti itu dinilai berlebihan. Menjaga kebersihan anak memang kewajiban dan harus dilakukan setiap orang tua. Tapi jika terllau higienis, justru akan berbahaya bagi sang anak.

Diungkapkan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Srie Prihianti, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, bayi yang dirawat terlalu higienis justru membuat kulit bayi menjadi sensitif. Salah satu penyebab kejadian alergi di dunia meningkat ternyata dilatarbelakangi pola asuh terlalu higienis.

“Kenapa sih kulit jadi sensitif, kejadian alergi meningkat? Terlalu bersih. Maka kulit itu tak belajar. Kulit itu suatu organ hidup. Kalau kita dilahirkan kan kita belajar. Kalau dirawatnya terlalu bersih, maka ada kuman jahat yang menempel membuat kulit tak terbiasa,” jelas dr. Prihianti.

Menurutnya, kulit terlalu higienis membuat bayi tak terbiasa mengenali kuman-kuman yang jahat. Saat kuman yang datang seharusnya membentuk imunitas antibodi yang melawan kuman itu, justru membentuk antibodi untuk alergi.

“Kenapa kemudian kejadian alergi muncul karena dipicu kuman jahat yang menempel. Saya bukan menyarankan anak main kotor-kotoran ya. Tapi bersih secukupnya,” tuturnya.

Ilustrasi kulit bayi lebih sensitir. (Momspresso)

Dia juga membandingkan kasus alergi anak perkotaan dan anak pedesaan. Anak di desa justru lebih kuat kulitnya menghadapi berbagai situasi kotor.

“Bandingkan ya anak tinggal di kota dan anak-anak di pedesaan. Jarang ya kena alergi. Mereka lebih mudah kembangkan sistem imunitasnya. Jadi jangan dikit-dikit steril, anak enggak boleh keluar rumah atau ketakutan ini itu,” ungkapnya.

Untuk itu, perhatikan cara tepat untuk merawat kulit bayi yang sewajarnya. Jangan terlalu over atau berlebihan. Menurut dr. Prihianti, ada beberapa cara untuk merawat kulit bayi yang tepat.

1. Pilih Skin Care

Sebaiknya memilih skin care produk bayi harus yang memberi kelembutan agar kulit bayi tak kering atau tak iritasi.

2. Mandi

Paling tepat frekuensi memandikan bayi di negara tropis adalah 2 kali sehari. Akan salah jika karena khawatir sensitif atau kulit kering mendorong ibu jadi jarang memandikan bayi atau hanya 1 kali sehari.

3. Pakai Pelembab

Bayi disarankan untuk selalu memakai pelembab. Sebab kulit bayi masih tipis dengan sel yang renggang. Sehingga membuat kulitnya mudah alergi. Paling baik memakai pelembab 5 menit setiap habis mandi. Boleh juga dipakaikan kepada bayi jika sedang berada di luar rumah atau di dalam rumah, namun cara memakainya sebaiknya membasahkan kulit bayi sedikit kemudian dikeringkan, barulah diberi pelembab ke kulitnya.

4. Herbal Tak Selalu Baik

Menurut dr. Prihianti, berbagai penelitian herbal untuk melembabkan kulit bayi sejauh ini baru tertuju pada biji bunga matahari. Namun penelitian tersebut belum diproduksi massal. Sedangkan herbal lainnya menurutnya belum tentu baik bagi bayi, apalagi bagi kulitnya yang sensitif dan rentan alergi.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print