Rabu, 18 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 02 Sep 2019, 14:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Mlaku dan Muluk Bareng Rayakan 1 Muharam - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ratusan warga Kampung Lawas Maspati, Bubutan, berkumpul di depan Jalan Maspati VI. Mereka melakukan kirab untuk memperingati Tahun Baru Islam 1441 H kemarin (1/9). Ada berbagai perlengkapan yang dibawa. Yakni, tumpeng yang berjumlah enam dan kendi. Tidak ketinggalan, karakter Cak dan Ning Surabaya turut meramaikan acara di barisan depan.

Rute perjalanan melewati Jalan Maspati VI–Jalan Tembaan–Jalan Semarang–Jalan Raden Saleh–Polsek Bubutan–kembali ke Jalan Maspati VI. Seluruh peserta berasal dari lima RT. Kreasi yang dibuat bermacam-macam. Ada yang bernuansa kemerahan, tradisional, hingga pendukung Persebaya.



’’Ini memang terlihat indah, ya,’’ ucap salah seorang warga, Maya Wulandari. Dia menyatakan baru pertama mengikuti acara tersebut. Hal yang paling berkesan ialah melihat pawai tumpeng dengan menggunakan becak. ’’Orang yang megang kuat banget. Padahal sudah tua,’’ katanya, lantas tertawa.

Maya mengatakan, karena baru pertama, dirinya betul-betul antusias mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi, setelah acara ada pembagian hadiah bagi peserta kirab. ’’Door prize gitu. Saya suka,’’ ungkapnya. Dia berharap ke depan perayaan 1 Muharam semakin meriah. Tentu dengan tema yang berbeda.

’’Senang juga melihat antusiasme mereka. Padahal ini kali pertama,’’ tutur Ketua Panitia Acara Sariyati. Dia menjelaskan, peserta yang hadir berasal dari lima RT di RW 6 Kampung Maspati. Mereka membawa kostum sendiri-sendiri. ’’Konsepnya Mlaku dan Muluk Bareng,’’ ucap perempuan 46 tahun tersebut.

Tujuan kegiatan itu sesuai dengan konsep yang diusung. Setelah melakukan kirab, warga diajak makan tumpeng bersama. ’’Ini bentuk syukur kami kepada Sang Pencipta yang telah memberikan berkat. Jadi harus dibagi bersama-sama,’’ jelas Sariyati. Acara itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan kedekatan warga sesama RW. Dengan begitu, ketika berpapasan di mana pun, keguyuban akan selalu terasa.

Sariyati mengatakan, kegiatan kemarin ternyata tidak hanya diikuti warga sekitar. Ada beberapa wisatawan lokal yang turut hadir. Yakni, warga dari Sidoarjo dan Gresik. ’’Tak ketinggalan, mahasiswa Indonesia dari Australia juga melihat bagaimana pawai berlangsung,’’ ungkapnya. Dia, lanjut Sariyati, diajak warga untuk makan bersama.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut  - Gudang Berita Viral Hadapi Real Madrid, PSG Tanpa Trisula Maut
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman  - Gudang Berita Viral PopSockets Rambah Bisnis Pegangan Minuman
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau  - Gudang Berita Viral Jokowi Serius Tanggulangi Karhutla di Riau
Rabu, 18 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print