Minggu, 20 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 04 Okt 2019, 14:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Mitsubishi Dukung Studi EBT dan Kendaraan Listrik di Sumba - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Pemerintah tengah getol mengembangkan pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (ev) di tanah air. Beberapa kebijakan untuk mempermudah sosialisasi elektrifikasi kendaraan mulai dirilis. Di antaranya pelonggaran kebijakan Loan to Value (LTV) untuk kredit properti dan uang muka kendaraan bermotor berwawasan termasuk mobil listrik.

Dari sisi produsen, Mitsubishi Motors merupakan pionir dalam meluncurkan mobil listrik massal pertama di Indonesia pada ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu diikuti dengan keikutsertaan dalam ajang International Electric Motor Show (IEMS) pada September lalu.



Sejak awal, Mitsubishi merupakan salah satu produsen mobil yang cukup berkomitmen terhadap perkembangan mobil listrik di Indonesia. Sebagai kelanjutan dari komitmen Mitsubishi Motors terhadap pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, Mitsubishi Motors mulai merambah daerah-daerah terpencil.

Kamis (3/10), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), melakukan peresmian studi bersama tentang pemanfaatan energi baru dan terbarukan untuk pengisian daya kendaraan listrik di Pulau Sumba. Acara peresmian tersebut dilaksanakan di kantor Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Studi bersama tersebut diresmikan oleh perwakilan dari Mitsubishi Group (Mitsubishi Corporation, Mitsubishi Motors Corporation, dan PT MMKSI), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), PT PLN (Persero), dan Kyudenko.co.

“Sebagai bagian dari kontribusi kami untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, kami ingin lebih melanjutkan studi bersama dan kolaborasi dengan lebih banyak pihak di masa depan,” jelas President Director PT MMKSI Naoya Nakamura, dalam acara peresmian joint study tersebut.

Naoya melanjutkan, dalam studi bersama tersebut, Mitsubishi Motors bekerja sama dengan BPPT dan Kyudenko.co dalam rangka mengembangkan energi panel surya sebagai energi baru terbarukan (EBT) di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bilacenge, Sumba Barat Daya. Energi panel surya tersebut disalurkan ke alat pengisian daya cepat mobil listrik. Proyek studi bersama tersebut menggunakan Mistubishi i-MiEV sebagai kendaraan listrik yang diuji beserta perangkat pengisian daya cepat tipe chademo yang dipasangkan di kantor PLN Tambolaka.

Selain itu, juga dihadirkan kendaraan plug-in hybrid electric vehicle, Outlander PHEV, sebagai contoh kendaraan hybrid, yang sudah mulai dipasarkan di Indonesia.

“Kini kami telah memulai penjualan Outlander PHEV tahun ini. Kami ingin menyosialisasikan manfaat EV kepada masyarakat untuk menjadi top of mind brand mobil listrik di Indonesia dan menjadi bagian dari pengembangan energi baru,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vice Executive Officer MMC Toshinaga Kato mengungkapkan, terkait studi bersama yang diadakan di kawasan terpencil, kendaraan listrik nantinya tidak hanya mampu difungsikan sebagai alat transportasi, namun juga sumber tenaga listrik. Dia mencontohkan, di Jepang banyak terjadi bencana alam. Hal tersebut berdampak pada kerusakan parah yang mengakibatkan pemadaman listrik, kekurangan air bersih, serta bahan bakar dalam jangka waktu yang cukup lama.

“Pada saat terjadi angin topan di Tokyo tahun lalu, dalam kejadian tersebut, i-MiEV dan Outlander PHEV memainkan peran penting tidak hanya sebagai kendaraan untuk transportasi, namun juga sebagai alat untuk memasok listrik hingga 10 hari untuk kebutuhan rumah bagi penduduk yang tinggal di tenda-tenda,”jelasnya.

Kato melanjutkan, Indonesia juga sering dilanda bencana alam, seperti gempa Lombok tahun lalu dan gempa besar di pulau Maluku baru-baru ini. Karena itu, pihaknya meyakini, kendaraan listrik akan sangat bermanfaat bagi penduduk Indonesia.

“Kami juga berharap i-MiEV akan membuktikan fungsi pentingnya, bahkan di wilayah dengan pasokan listrik yang tidak stabil, namun juga sebagai kendaraan dengan emisi CO2 terendah di Pulau Sumba atau pulau-pulau terpencil lainnya,” pungkas Kato.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 PSM vs Persija Tetap Bertanding Sesuai Jadwal  - Gudang Berita Viral PSM vs Persija Tetap Bertanding Sesuai Jadwal
Minggu, 20 Okt 2019, 08:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Senggigi Sunset Jazz Kembali Hadir  - Gudang Berita Viral Senggigi Sunset Jazz Kembali Hadir
Minggu, 20 Okt 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KPK Bawa Tiga Koper Dari Kantor Dishub Kota Medan  - Gudang Berita Viral KPK Bawa Tiga Koper Dari Kantor Dishub Kota Medan
Minggu, 20 Okt 2019, 08:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print