Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 09 Okt 2019, 00:00:12 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Menteri dari Profesional Diprediksi Dilantik Lagi  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN), Yasin Mohammad melihat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mempertahankan sejumlah Menteri Kabinet Kerja Jilid I untuk membantu pemerintahan periode 2019-2024.

Menurut dia, menteri yang berlatarbelakang profesional peluangnya lebih besar untuk kembali dilantik lagi pada periode kedua Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Karena, menteri-menteri dari kalangan profesional paling terlihat kinerjanya pada periode pertama 2014-2019.

Misalnya, kata dia, sosok Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Memang, Susi sempat membuat kebijakan kontroversial seperti melarang nelayan menggunakan cantrang. Namun, hal itu demi menjaga sumber daya laut.



“Selain itu, keputusan Ibu Susi dalam konteks penenggelaman (kapal) paling tinggi dan patut diapresiasi. Prestasinya dalam law enforcement atau perang melawan illegal fishing patut diapresiasi,” kata Yasin di Jakarta, Selasa (9/10/2019).

Kemudian, Yasin memprediksi Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga akan kembali dilantik Jokowi. Karena, Sri Mulyani dianggap mampu menyeimbangkan neraca keuangan negara meski kebijakannya tidak ada yang revolusioner.

“Kunci keuangan negara itu ada di Ibu Sri Mulyani. Pola yang dimainkan adalah kebijakan ekonomi liberal, membuka lebar-lebar akses investasi dari luar. Investasi dibuka guna menyeimbangkan neraca keuangan. Tidak ada kebijakan monumental,” ujarnya.

Sedangkan, kata dia, Retno sempat diragukan tapi belakangan terbukti kerja kerasnya membuahkan hasil yang nyata. Misal, Indonesia masuk sebagai Anggota Dewan Kehormatan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Tapi memang masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan, seperti persoalan TKI banyak yang perlu diselesaikan,” katanya.

Di samping itu, Yasin juga melihat ada sejumlah menteri yang posisinya terancam dari kalangan partai politik karena jarang berprestasi dan jarang punya terobosan baru dalam membantu Pemerintahan Jokowi pada lima tahun ini.

Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menjadi Menteri Perindustrian dan mantan Sekretaris Jenderal PKB Hanif Dakhiri yang menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan. Menurut dia, Airlangga belum terlihat prestasinya.

“Seperti Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto belum ada terobosan baru, tak ada perkembangan signifikan, tidak bisa mendatangkan investasi di bidang industri. Stimulan-stimulannya tidak ada. Saya kira kinerjanya belum maksimal di bidang perindustrian,” katanya.

Selain itu, Yasin melihat Menteri Ketenagakerjaan Hanif juga belum mampu melindungi buruh atau tenaga kerja. Harusnya, kata dia, Hanif banyak mengeluarkan peraturan menteri yang bisa menjawab persoalan-persoalan krusial.

“Berkaitan dengan buruh dan perlindungan kesejahteraan buruh, Menaker sendiri tidak bisa menjawab persoalan-persoalan buruh. Contoh kasus semisal soal PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) besar-besaran di perusahaan Krakatau Steel,” tandasnya. [adc]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Milenial jadi Sasaran Potensial Pengembang Apartemen - Gudang Berita Viral Milenial jadi Sasaran Potensial Pengembang Apartemen
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Anggap Bali Rumah Kedua - Gudang Berita Viral Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Anggap Bali Rumah Kedua
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
519 Orang Tiba di Surabaya, Puluhan Pengungsi Wamena Jatuh Sakit - Gudang Berita Viral 519 Orang Tiba di Surabaya, Puluhan Pengungsi Wamena Jatuh Sakit
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print