Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 01 Agu 2019, 15:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Mengenang Sosok Sutopo Purwo Nugroho, Pahlawan Kemanusiaan dari BNPB - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diidentik dengan sosok Sutopo Purwo Nugroho. Almarhum begitu melekat bagi publik. Apalagi ketika terjadi bencana alam.

Pak Topo–begitu dia disapa, selalu menjadi tujuan bagi insan pers untuk mendapat informasi terbaru soal kondisi bencana alam. Selain ketika itu almarhum merupakan kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatin Humas) BNPB, Sutopo begitu cepat merespons pernyataan wartawan.



Kini Sutopo sudah tiada. Karyanya tetap abadi bagi bangsa. Sebagai bentuk penghargaan terhadap Sutopo, BNPB mengabadikan namanya sebagai nama ruang serbaguna. Yakni ruang Dr. Sutopo Purwo Nugroho.

“Dengan ini ruangan Dr. Sutopo Purwo Nugroho resmi dibuka,” kata Kepala BNPB Doni Manardo saat acara peresmian di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (1/8).

Peresmian itu selain dihadiri keluarga besar BNPB, turut hadir juga keluarga mendiang Sutopo. Terlihat istri dan kedua anak Sutopo. Sebagai formalitas, perwakilan keluarga membuka tirai sebagai simbol telah diresmikannya ruangan tersebut.

Kedua anak Sutopo Purwo Nugroho memegang bingkai foto almarhum pada saat pemakaman lalu. (Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

Menurut Doni, almarhum Sutopo adalah seorang tokoh yang benar-benar bekerja tanpa pamrih. Tetap melaksanakan tugas dengan ikhlas. Semua itu untuk kepentingan kemaslahatan umat. Buktinya ketika ada kejadian bencana alam, pernyataan Sutopo dulu sangat ditunggu-tunggu. Apakah ada potensi tsunami atau peringatan lain.

“Itu adalah bentuk mitigasi bencana yang dilakukan Sutopo ketika berkarya di BNPB,” ungkap jenderal bintang tiga itu sembari menyebut Sutopo adalah sosok inspiratif.

Atas dedikasinya itu, kata Doni, BNPB memberikan penghargaan yang besar untuk almarhum. Selain mengabadikan namanya sebagai nama ruangan Dr Sutopo Purwo Nugroho, BNPB pun memberikan beasiswa untuk kedua anak Pak Topo. “(Beasiswa ini) agar putranya lebih tenang melanjutkan pendidikan dan tidak ada kesulitan menyambung pendidikan ke tingkat lebih lanjut,” tandas mantan Komandan Paspamres tersebut.

Sementara itu di sela-sela peresmian, keluarga Sutopo tidak banyak melontarkan kata-kata. Mereka lebih banyak tersenyum yang menandakan mereka bangga dengan kiprah mendiang Sutopo.

Sebagaimana diketahui, Ruang Serba Guna Dr. Sutopo Purwo Nugroho tidak terlihat spesial. Seperti ruangan serba guna pada umumnya, aula tersebut bisa menampung ratusan peserta untuk pertemuan di BNPB.

Aula tersebut sejatinya bukan ruangan aula baru. Ruangan serbaguna lama yang tak terpakai dan belum bernama. Sepeninggalan Sutopo, tepatnya 1 Agustus 2019, ruangan tersebut diresmikan menjadi bernama Dr. Sutopo Purwo Nugroho setelah Sutopo meninggal pada 7 Juli lalu.

Foto kebersamaan almarhum Sutopo dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor pada 5 Oktober 2018 lalu. Kini foto itu dipajang di rumahnya, Boyolali. (Repro: Fedrik Tarigan/Jawa Pos)

Sebagaimana diketahui, Sutopo Purwo Nugroho telah berpulang. Mantan kepala Pusdatin Humas BNPB itu tutup usia setelah melawan kanker paru-paru yang dideritanya sejak Desember 2017 silam. Kanker paru-paru stadium 4B tersebut sudah menyebar (metastasis) ke tulang dan organ tubuh lainnya.

Pada 7 Juli 2019, alumnus terbaik Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Tiongkok sejak 15 Juni lalu.

Sutopo diketahui memiliki dedikasi tinggi dan totalitas dalam bekerja. Mencintai pekerjaaannya sebagai juru bicara BNPB. Selama proses pengobatan kemoterapi di Indonesia, Sutopo selalu langsung kembali ke kantor untuk memberikan konferensi pers di kantor. Pernah pria kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969 itu membuat siaran pers saat sedang di rumah sakit. Ketika akhir pekan, Sutopo menyelenggarakan temu wartawan di kediamannya.

Namun kini, Sutopo telah berpulang. Jasa dan dedikasinya tetap akan dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Prediksi BMKG Cuaca Jakarta Hari ini  - Gudang Berita Viral Prediksi BMKG Cuaca Jakarta Hari ini
Selasa, 20 Agu 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Inilah Penopang Penguatan Bursa Saham AS  - Gudang Berita Viral Inilah Penopang Penguatan Bursa Saham AS
Selasa, 20 Agu 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Arsenal Tak Ingin Ulangi Memori Buruk di Anfield  - Gudang Berita Viral Arsenal Tak Ingin Ulangi Memori Buruk di Anfield
Selasa, 20 Agu 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print