Sabtu, 21 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 11 Sep 2019, 19:00:08 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Menang Mutlak di Sejumlah Desa, Harapan Baru Para Kades Perempuan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ada tren menarik pada hasil Pilkades Gresik serentak 2019 di 264 desa yang dihelat pada 31 Juli lalu. Ternyata, Kades perempuan terpilih semakin banyak. Sebelumnya, tidak banyak perempuan yang berani maju menjadi calon Kades. Selalu didominasi laki-laki. Belakangan calon perempuan muncul di banyak desa. Hasilnya, tercatat ada 13 Kades perempuan terpilih.

Dari data yang dihimpun Jawa Pos, Salah satu Kades perempuan itu adalah Sri Winarni, warga Desa Tlogobendung, Gresik. Dia menang dengan 582 suara. Tiga lawannya dikalahkan. Yakni, Agus Pramono Setiyo dengan 106 suara, Citra Evirasanti (83 suara), dan Slamet Eko Pitoyo (322 suara).



Hasil perolehan suara beberapa Kades perempuan itu pun meyakinkan. Menang mutlak. Sebut saja Nanik Supranti yang meraup 96,35 persen di Desa Ngembung, Cerme. Lalu, Sri Retnowati dengan capaian suara 96,28 persen di Desa Domas, Menganti,.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Gresik Malahatul Fardah mengatakan, pihaknya terbilang cukup terkejut dengan bertambahnya Kades perempuan tersebut. Tentu, mereka sama-sama memiliki tugas yang berat untuk membangun dan memajukan desa. ’’Seperti disampaikan Pak Bupati, kami juga menaruh harapan besar pada perempuan-perempuan hebat tersebut agar memiliki inovasi untuk kemajuan desa,’’ jelasnya.

Sebagaimana diberitakan, dalam amanatnya, Bupati Sambari Halim Radianto berharap para Kades di era sekarang pandai berinovasi. Tidak sekadar menjalankan rutinitas pekerjaan di lingkup pemerintah desa. Terlebih soal ketersediaan anggaran. Saat ini dana untuk desa terus ditambah.

Bukan tanpa alasan bupati terus mendorong desa/kelurahan untuk berinovasi. Dari 330 desa dan 26 kelurahan se-Kabupaten Gresik, baru sebagian kecil Kades yang melakukan terobosan. Mayoritas hanya menjalankan rutinitas. Tidak ada yang baru. Misalnya, membangun jalan, memperbaiki kantor balai desa, dan sejenisnya.

Padahal, era saat ini menuntut Kades untuk berinovasi. Menciptakan potensi dan peluang-peluang baru untuk kemajuan serta keunggulan desa. Misalnya, memajukan wirausaha warganya, potensi wisata atau keunggulan desa, dan sejenisnya. Potensi itu dikemas dan dikomunikasikan. Dengan begitu, masyarakat mengetahui serta bisa menginspirasi desa-desa lainnya.

Sementara itu, riak-riak seputar hasil pilkades belum juga berakhir. Di Desa Sukomulyo, Manyar, misalnya. Kemarin massa pendukung calon Kades nomor 01 menyegel ruang kepala desa. Pintu ruang Kades ditempeli tulisan: Ruangan Disegel demi Hukum. Alasan mereka, hasil pilkades masih bersengketa di PTUN Surabaya. Berdasar putusan sementara PTUN, pelantikan Kades terpilih seharusnya ditunda.

Namun, pada Senin (9/9) Kades Sukomulyo tetap dilantik bupati di kantor Pemkab Gresik. Karena itu, massa kecewa. Mereka pun mendatangi balai desa. Menurut Akhmad Munir, calon Kades nomor 01, pihaknya minta dipertemukan dengan bagian hukum Pemkab Gresik, camat, ketua panitia, dan BPD. ’’Saya minta duduk bersama. Sebab, dari PTUN ini sudah keluar penetapannya. Tinggal menunggu waktu, kami dipertemukan,’’ paparnya.

Hadir dalam pertemuan dengan peserta aksi, antara lain, Camat Manyar Moh. Nadillah, Kapolsek Manyar AKP Ady Nugroho, dan Danramil Manyar Kapten Inf Sali. ’’Tidak disegel. Hanya pintu ruangan Pak Kades ditempeli tulisan. Tapi, saya suruh buka. Kalau saya mediasi, ya bagaimana? Toh sudah ke jalur hukum PTUN,’’ kata Nadillah saat dikonfirmasi Jawa Pos.

Pilkades Sukomulyo memang berjalan cukup ketat. Akhmad Munir, calon Kades 01, kalah dengan selisih 3 suara. Yang ditetapkan sebagai pemenang adalah Subiyanto, calon Kades nomor 02, dengan perolehan 1.683 suara.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Sudah Oke, Stadler Bikin Pabrik KA di Banyuwangi  - Gudang Berita Viral Sudah Oke, Stadler Bikin Pabrik KA di Banyuwangi
Sabtu, 21 Sep 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Rivaldo Kritik Penampilan Madrid dan Hazard  - Gudang Berita Viral Rivaldo Kritik Penampilan Madrid dan Hazard
Sabtu, 21 Sep 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 1 Kali
 MMKSI Resmikan Diler Baru di Blitar  - Gudang Berita Viral MMKSI Resmikan Diler Baru di Blitar
Sabtu, 21 Sep 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print