Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 04 Agu 2019, 17:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Menag Pastikan Armada Untuk Safari Wukuf Bagi Jamaah Telah Disiapkan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com– Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin selaku Amirul Hajj mengajak seluruh delegasi berkunjung ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah, Sabtu (4/8) petang. Selain menjenguk pasien yang sedang dirawat, Lukman juga menggelar rapat bersama personel petugas kesehatan. Ada beberapa catatan yang disampaikan Lukman. Salah satunya penekanan pada kendaraan safari wukuf untuk jamaah haji yang sakit saat di Arafah.

“Tentu kami berharap tidak banyak jamaah yang disafari wukufkan,” katanya. Namun petugas harus bisa mengantisipasi jika ada peningkatan jumlah peserta safari wukuf melebihi dari kapasitas armada bus yang disiapkan.



Dalam rapat tersebut dijelaskan, armada bus untuk safari wukuf bagi jamaah yang sakit ada dua kelompok. Yakni kelompok jamaah yang masih bisa duduk dan jamaah berbaring.

Untuk jamaah yang safari wukuf sambil duduk, ada kapasitas 300 orang. Sedangkan kapasitas safari wukuf dengan berbaring ada sekitar 30 kapasitas. Akhirnya dijelaskan pada rapat tersebut petugas siap menyewa bus tambahan jika nanti peserta safari wukuf membludak.

Kemudian Lukman juga mengomentari terkait pengurusan jenazah. “Poinnya harus ada petugas yang mendampingi pengurusan jenazah. Mulai dari memandikan, mengkafani, sampai pemakaman,” jelasnya. Lukman mengatakan pendampingan pengurusan jenazah merupakan salah satu tugas dari tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI).

Lukman juga memberikan catatan pada prosesi tarwiyah. Dia menuturkan tarwiyah memang bukan bagian dari jadwal rangkaian ibadah haji yang difasilitasi pemerintah Indonesia. Namun pada praktiknya banyak jamaah Indonesia yang menjalankan tarwiyah. Yakni memulai perjalanan dari hotel menuju Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah.

“Bagaimanapun juga mereka (jamaah yang melaksanakan tarwiyah, Red) adalah jamaah kita,” tuturnya. Sehingga diharpakan tetap ada tim kesehatan yang memantau secara tertutup dan mobile pelaksanaan tarwiyah. Untuk antisipasi ada jamaah yang sakit dan butuh pertolongan saat pelaksanaan tarwiyah.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Konstitusi Bisa Saja Mengikuti Perkembangan Zaman - Gudang Berita Viral Konstitusi Bisa Saja Mengikuti Perkembangan Zaman
Minggu, 18 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Mengenang Penulis Cerita Silat Legendaris Asmaraman Kho Ping Hoo (2) - Gudang Berita Viral Mengenang Penulis Cerita Silat Legendaris Asmaraman Kho Ping Hoo (2)
Minggu, 18 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 #PilihXPANDERPinterBener Sambangi Yogyakarta  - Gudang Berita Viral #PilihXPANDERPinterBener Sambangi Yogyakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 16:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print