Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 08 Sep 2019, 16:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Memasuki Musim Hujan, Hot Spot Masih Tinggi - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mewaspadai sebaran asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang meluas di wilayah Indonesia. Khususnya Sumatera dan Kalimantan. Berdasar hasil pemantauan citra satelit pada 27 Agustus hingga 5 September, BMKG mengidentifikasi setidaknya terdapat 3.649 titik panas di seluruh wilayah Asia Tenggara.

“Lokasi dari titik panas tersebut berada di wilayah Indonesia (Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan). Juga terdeteksi di Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Vietnam, dan Timor Leste,” jelas Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana kemarin (7/9).



Menurut Taufan, kondisi massa udara di atas wilayah Indonesia masih relatif kering sehingga mengakibatkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewati. Tingginya jumlah hot spot itu juga jadi perhatian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sejumlah daerah semestinya sudah memasuki musim hujan pada awal September. Artinya, hot spot bisa ditekan.

“September seharusnya turun (hot spot, Red). Ini imbas perubahan iklim. Jadi gak bisa ditebak,” jelas Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung KLHK Hudoyo ditemui setelah diskusi Kentongan Tanggap Bencana di Jakarta kemarin (7/9).

Menghadapi situasi tersebut, tim Manggala Agni sudah diturunkan untuk bertarung memadamkan api. Meski, dia mengakui masih banyak kendala yang ditemukan di lapangan. Selain persoalan jenis tanah, cuaca kering ekstrem turut berkontribusi membuat tanaman lebih mudah terbakar. “Apalagi lahan gambut ini kan susah sekali dipadamkan,” paparnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Persib Imbang, Roberts: Hasil Tak Sesuai Harapan  - Gudang Berita Viral Persib Imbang, Roberts: Hasil Tak Sesuai Harapan
Kamis, 19 Sep 2019, 02:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali
 KAI: Kecelakaan di Perlintasan Kereta Meningkat  - Gudang Berita Viral KAI: Kecelakaan di Perlintasan Kereta Meningkat
Kamis, 19 Sep 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik  - Gudang Berita Viral Program KBR dari KLHK Bikin Ekonomi Petani Naik
Kamis, 19 Sep 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print