Senin, 21 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 06 Okt 2019, 17:00:07 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
Mayoritas Publik Menilai Revisi UU KPK Melemahkan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dinamika politik memanas dengan diperbincangkannya revisi UU Nomor 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Elemen mahasiswa dan masyarakat kemudian melakukan unjuk rasa di berbagai daerah untuk menentang UU KPK hasil revisi.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menyatakan, sebanyak 70,9 persen publik menilai revisi UU KPK melemahkan kinerja lembaga antirasuah. Namun, hanya 18 persen yang menganggap revisi UU menguatkan kinerja KPK.



“Revisi UU KPK 70,9 persen publik mengetahui melemahkan KPK. Hanya 18 persen yang menyatakan bahwa KPK dikuatkan,” kata Djayadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/10).

Bahkan dalam survei LSI, kata Djayadi, 60,7 persen mendukung demonstrasi mahasiswa terkait penolakan revisi UU KPK. Namun, hanya 5,9 persen publik yang tidak mendukung aksi mahasiswa.

“31 persen memilih netral dari tuntutan demonstrasi mahasiswa,” ucap Djayadi.

Selain itu, publik pun mengetahui bahwa demonstrasi mahasiswa yang dilakukan di berbagai daerah untuk menolak revisi UU KPK. Sebanyak 59,7 persen mengetahui tuntutan unjuk rasa mahasiswa tersebut.

“Hanya 40,3 persen tidak mengetahui tuntutan dari demonstrasi mahasiswa,” jelas Djayadi.

Menanggapi ini, Kepala Pusat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris mengharapkan hasil survei LSI dapat menggerakkan hati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) KPK. Karena mayoritas publik menolak revisi UU KPK.

“Mudah-mudahan hasil survei LSI menembus dinding istana, karena mayoritas publik 70,9 persen menolak UU KPK hasil revisi. Yang menilai untuk melemahkan KPK,” harap Haris.

Oleh karenanya, Haris menginginkan Presiden Jokowi untuk segera menerbitkan Perppu KPK. Karena publik tidak ingin pelemahan terhadap kinerja KPK.

“Kalau saja ini bisa menembus dinding istana, bahwa dalam waktu yang tidak lama Presiden Jokowi dapat menerbitkan Perppu KPK,” tegasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 IHSG Rawan Pelemahan  - Gudang Berita Viral IHSG Rawan Pelemahan
Senin, 21 Okt 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kementan Pikat Generasi Muda dengan Mekanisasi  - Gudang Berita Viral Kementan Pikat Generasi Muda dengan Mekanisasi
Senin, 21 Okt 2019, 01:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Liverpool Ditahan Imbang MU di Old Trafford  - Gudang Berita Viral Liverpool Ditahan Imbang MU di Old Trafford
Senin, 21 Okt 2019, 01:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print