Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 12 Agu 2019, 16:00:08 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Masyarakat ASEAN di Korea Utara Bersatu Lewat Olahraga dan Kuliner - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komite ASEAN di Pyongyang atau ASEAN Committee in Pyongyang (ACP), Korea Utara, menyerukan untuk membangun persaudaraan, solidaritas dan memperkokoh semangat kekeluargaan antaranggota masyarakat ASEAN. Pesan itu ditegaskan dalam peringatan HUT ke-52 ASEAN yang dipusatkan di KBRI Pyongyang pada 8 Agustus 2019. Uniknya, persahabatan dikemas dengan cara yang santai lewat olahraha dan kuliner.

ACP terdiri dari empat Kedutaan Besar negara-negara ASEAN yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, dan Vietnam. Perayaan HUT ASEAN dilakukan diawali menyanyikan himne ASEAN. Kemudian dilanjutkan pertandingan olahraga seperti bola voli, tenis meja, dan promosi kuliner masing-masing negara. Upacara dipimpin oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Utara, Berlian Napitupulu, dan diikuti oleh para duta besar dan staf beserta masyarakat negara-negara ASEAN.



Berlian Napitupulu yang juga Ketua ACP, mengatakan anggota masyarakat ASEAN di Korea Utara saat ini berjumlah lebih kurang 80 orang. Mereka terus dipererat dengan semangat kekeluargaan. Caranya melalui olahraga dan kuliner. Selain menggelar pertandingan olahraga dan festival kuliner, masyarakat ASEAN di Korut juga menyaksikan peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN di Jakarta oleh Presiden Joko Widodo secara langsung (live streaming).

Salah satu pertandingan bola voli antarmasyarakat ASEAN di Korea Utara (Istimewa for gudangberitaviral.com)

“Pertandingan ini bukan untuk memperebutkan trofi, bukan tentang menang atau kalah, tetapi memupuk persabatan dan persaudaraan kita sebagai satu keluarga ASEAN. Peringatan hari berdirinya ASEAN juga sekaligus merayakan solidaritas dan kesatuan masyarakat ASEAN. Maknanya memperkuat nilai-nilai, kohesivitas, dan kebersamaan ASEAN guna memupuk kekeluargaan ASEAN serta membangun rasa ke-kita-an (we feeling),” kata Berlian Napitupulu dalam keterangan tertulis, Minggu (11/8).

Menurutnya, ASEAN telah melalui proses panjang dan penuh tantangan sejak pembentukannya pada 1967. Sekarang ASEAN merupakan kawasan perdagangan terbesar keempat di dunia. “Sehingga capaian ini patut dirayakan dalam momentum 52 tahun berdirinya ASEAN,” imbuh Berlian Napitupulu.

Kegiatan dibuka dengan menyanyikan himne ASEAN yang dilanjutkan dengan foto bersama, kunjungan ke Galeri Budaya dan Wisata Indonesia, dan kunjungan ke etalase produk-produk Indonesia. Pertandingan voli dimenangkan oleh Regu A yang terdiri dari perwakilan Kedutaan Besar Kamboja dan Indonesia. Sementara pertandingan tenis meja, regu Vietnam B keluar sebagai juara yang disusul oleh regu Indonesia A dan regu Laos B.

Berlian Napitupulu (kedua dari kanan) menyaksikan pertandingan olahraga antarmasyarakat ASEAN di Korea Utara (Istimewa for gudangberitaviral.com)

Saat makan siang, masing-masing kedutaan besar menampilkan beberapa contoh makanan khas. Indonesia sebagai ‘tuan rumah’ menyajikan sate ayam, kimlo, cah brokoli, lemper, dan es serut. Kedutaan negara-negara ASEAN lainnya menyajikan masing-masing satu jenis makanan yaitu mie dari Kamboja, nasi ketan dari Laos, dan lumpia dari Vietnam.

“Bisa lebih mengenal dan mempererat hubungan satu sama lain. Saya mohon agar seluruh hadirin dapat membaur satu sama lain. Agar tidak ada lagi meja yang hanya diisi orang Indonesia saja, sudut yang hanya diisi orang Kamboja, atau obrolan hanya di antara orang Laos atau orang Vietnam saja. Saya ingin semuanya saling mengenal seperti saudara, sahabat, dan teman baik dalam satu keluarga besar ASEAN,” tandas Berlian Napitupulu.

Kegiatan ini diapresiasi oleh ketiga duta besar negara anggota ASEAN yang hadir pada saat itu. Mereka menyampaikan bahwa Indonesia sukses besar dalam menyemarakkan peringatan berdirinya ASEAN sehingga semangat kebersamaan One Vision, One Identity, One Community dapat dirasakan oleh masyarakat ASEAN di Korea Utara.

“Kami percaya bahwa kegiatan ini akan menjadi highlights program ACP 2019 sekaligus meningkatkan kebersamaan, kekeluargaan, dan kesatuan masyarakat ASEAN di Korea Utara,” sebut Duta Besar Vietnam untuk Korea Utara, Le Va Vinh.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Capim KPK Diduga Terima Gratifikasi - Gudang Berita Viral Capim KPK Diduga Terima Gratifikasi
Minggu, 25 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 2 Kali
Imbas Insiden di Asrama Papua, Kodam Brawijaya Nonaktifkan Danramil - Gudang Berita Viral Imbas Insiden di Asrama Papua, Kodam Brawijaya Nonaktifkan Danramil
Minggu, 25 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 2 Kali
Bukan Cacingan, Kenali Penyakit Tinea Cruris Penyebab Anus Gatal - Gudang Berita Viral Bukan Cacingan, Kenali Penyakit Tinea Cruris Penyebab Anus Gatal
Minggu, 25 Agu 2019, 09:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print