Rabu, 13 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 30 Okt 2019, 17:00:09 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
Masalah Belum Selesai, Prabowo Bisa Diseret di Pengadilan AS - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Ketua umum Partai Gerindra itu pernah ditolak ketika hendak masuk ke Amerika Serikat (AS) pada tahun 2000 lalu. Namun, status cekal itu sudah dicoret setelah dirinya dilantik menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) di Kabinet Indonesia Maju.

Rencana Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berkunjung ke Amerika Serikat tengah jadi perbincangan sejumlah kalangan. Pasalnya, pencekalan itu disebut-sebut karena persoalan pelanggaran HAM.



Pakar hukum internasional dari Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana mengatakan, pemerintah AS berhak menolak siapa pun masuk ke negaranya. Termasuk seorang menteri dari negara sahabat.

“Jadi intinya, jabatan resmi itu bukan jaminan bisa masuk ke AS,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/10).

Jika Prabowo diizinkan masuk, menurutnya, bukan berarti masalah selesai. Bisa saja setelah masuk negeri Paman Sam itu, ia bisa diseret ke pengadilan lantaran ada gugatan perdata dari pihak-pihak yang dirugikan saat dia menjadi petinggi di lingkungan militer.

Karena itu, lanjutnya, rencana Prabowo harus jadi perhatian serius Kementerian Luar Negeri. Pasalnya, jika sampai terjadi penolakan, maka akan terjadi kegaduhan yang berpotensi memengaruhi hubungan kedua negara.
“Bila hal tersebut terjadi, tidak ada pilihan lain untuk Menhan Prabowo segera meninggalkan AS,” ujar Hikmahanto.

Lebih lanjut Hikmahanto berpendapat, akan lebih aman bila pertemuan Menhan Prabowo dengan mitranya dari AS dilakukan di Indonesia atau negara ketiga. Namun, kalau memang harus di Amerika, setidaknya Kementerian luar negeri harus berkomunikasi dengan pihak AS untuk memastikan tidak ada penolakan.

Diketahui, sebelumnya Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengklaim bahwa Prabowo sudah bisa masuk AS. Dia bahkan menyatakan ketumnya dalam waktu dekat akan menghadiri sebuah acara di negara adidaya tersebut.

“Ini dari Kedutaan Amerika sudah datang berkunjung, sudah bertemu ke Pak Prabowo dan juga ada beberapa undangan-undangan dari Amerika,” kata wakil ketua DPR itu.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Masalah Belum Selesai, Prabowo Bisa Diseret di Pengadilan AS

Tag: News



Datangi Rumah Duka, Rio Febrian: Sempat Bertemu Djaduk di Acara Jazz - Gudang Berita Viral Datangi Rumah Duka, Rio Febrian: Sempat Bertemu Djaduk di Acara Jazz
Rabu, 13 Nov 2019, 17:00:38 WIB, Dibaca : 0 Kali
Anak Bupati Majalengka Dilaporkan Tembak Pengusaha - Gudang Berita Viral Anak Bupati Majalengka Dilaporkan Tembak Pengusaha
Rabu, 13 Nov 2019, 17:00:38 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dominasi Total di Game Penentuan, Antar Praveen/Melati ke Babak Kedua - Gudang Berita Viral Dominasi Total di Game Penentuan, Antar Praveen/Melati ke Babak Kedua
Rabu, 13 Nov 2019, 17:00:38 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print