Senin, 14 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 30 Sep 2019, 21:00:08 WIB, 173 View Tim Redaksi, Kategori : News
Masa Baktinya Rampung, Segini Pensiunan yang Diterima Fahri Hamzah Cs - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Masa bakti anggota DPR RI dan DPD RI periode 2014-2019 akan berakhir besok, Selasa (1/10). Sebagian di antara mereka yang menjabat sekarang (incumbent) dipastikan akan pensiun alias tak lagi terpilih, maupun mencalonkan untuk DPR periode 2019-2024.

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro mengatakan, para anggota DPR dan DPD yang pensiun akan mendapat dana pensiun. Anggota DPR yang masa baktinya minimal dua periode, akan menerima uang pensiun Rp 3,8 juta perbulan. Sedangkan bagi yang menjabat satu periode menerima Rp 3,2 juta perbulan.



“Nanti akan dibayar setelah pensiun. Kalau dia dua periode jadinya Rp 3,8 juta. Kalau yang satu periode Rp 3,2 juta,” kata Iqbal di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9).

Sebagai contoh, sosok seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang telah menjabat tiga periode (15 tahun) akan mendapatkan dana pensiun Rp 3,8 juta setiap bulan. Nominal yang sama diberikan kepada anggota DPR lainnya seperti Akbar Faisal, Maruarar Sirait dan lain-lain.

Tak hanya uang pensiunan, anggota dewan juga dihadiahi dengan Tabungan Hari Tua (THT) senilai Rp 15 juta. Namun, uang ini hanya dibayarkan sekali pada bulan pertama sejak resmi melepas jabatannya.

Sementara itu, Sekjen DPR Indra Iskandar menyampaikan, dana pensiun wakil rakyat mirip dengan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) oleh negara. “Hampir sama, semua ketentuannya persis dengan mirip dengan ASN/PNS, sama persis. Rata-rata kalau yang menjabat penuh rata-rata sekitar Rp 3,7 juta,” kata Indra.

Pemberian pensiunan ini juga diberikan kepada anggota hasil Pergantian Antar Waktu (PAW). Sekalipun mereka hanya menjabat beberapa tahun, di tengah masa jabatan yang berlangsung.

“Kalau satu periode lima tahun, dihitung lima tahun, kalau yang PAW empat tahun, tiga tahun dua tahun tentunya lebih kecil,” jelas Indra.

Lebih lanjut, Indra menyampaikan, dana pensiun diberikan kepada anggota sampai dia meninggal. Apabila ada istrinya yang masih hidup, maka pensiunan dilanjutkan kepada istri tersebut.

“Semua sama (nominal dana pensiun). Pimpinan kan (hanya posisinya) dalam persidangan. Kalau di dalam status keanggotannya (di parlemen) sama,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Ganda Putra Raih Emas di Kejuaraan Dunia Junior  - Gudang Berita Viral Ganda Putra Raih Emas di Kejuaraan Dunia Junior
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bank Ini Ingatkan Deal AS-China Hanya Menunda  - Gudang Berita Viral Bank Ini Ingatkan Deal AS-China Hanya Menunda
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Main 10 Orang Jerman Bekuk Estonia 3-0  - Gudang Berita Viral Main 10 Orang Jerman Bekuk Estonia 3-0
Senin, 14 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print