Sabtu, 24 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 05:00:02 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Marak Calo Pembuatan SIM di Samsat Daan Mogot  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Pungutan liar (pungli) masih terjadi di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Daan Mogot, Jakarta Barat. Sangkaan itu berlangsung untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Serangkaian pungli ini terekam jelas dalam perbincangan wartawan gudangberitaviral.com dengan beberapa orang yang menawarkan jasa pembuatan SIM lewat jalan pintas, Senin (5/8/2019).Dua orang yang mengenakan rompi orange dan satu orang memakai kemeja hitam tengah duduk santai dan berbincang di lorong pagar pintu masuk menuju gedung utama langsung menawarkan jasa pembuatan SIM. Salah satu dari tiga orang itu lalu menjelaskan mengenai 'cara cepat' membuat SIM C dan A, yakni dengan membayarbeberapa kali lipat dari biaya yang ditentukan.

"Kamu bawa uang Rp 750 untuk SIM C dan Rp 750 untuk SIM A," ujar Calo yang diketahui berinisial ST. "Datang foto pulang langsung bawa SIM," katanya lagi.



Jika berminat, pembuat SIM cukup mendatangi lokasi yang telah ditentukan sang calo. Selain uang yang diminta, pembuat juga diwajibkan membawa empat lembar fotokopi e-KTP.

"Ketemu di pom bensin Shell. Nanti dari sana saya bawa ke tempat pendaftaran kita. Daripada mengikuti ujian tes, susah. Mending kita bantu. Lebih cepat lebih baik karena sekarang pakai kuota," tukasnya.

ST mengatakan bahwa pembuatan SIM di Samsat Daan Mogot memiliki tingkat kerumitan yang cukup sulit. Selain berpotensi tidak lulus, membuat SIM di sana juga dihadapkan dengan antrean panjang.

"Kalau sama kita cepat, satu hari jadi tanpa antri dan capek-capekan," tutupnya. [wll]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Tiga Pantai Tulungagung Jadi Tempat Bertelur Penyu Lengkang dan Hijau - Gudang Berita Viral Tiga Pantai Tulungagung Jadi Tempat Bertelur Penyu Lengkang dan Hijau
Sabtu, 24 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Russell Crowe Anggap Laga Team USA vs Australia Adalah Lelucon - Gudang Berita Viral Russell Crowe Anggap Laga Team USA vs Australia Adalah Lelucon
Sabtu, 24 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Anggaran Pin Emas Bagi Anggota DPR Rp 5,5 Miliar - Gudang Berita Viral Anggaran Pin Emas Bagi Anggota DPR Rp 5,5 Miliar
Sabtu, 24 Agu 2019, 14:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print