Kamis, 19 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 19:00:20 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Makin Banyak Spanduk Penolakan Surat Ijo di Surabaya - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Warga tidak henti-hentinya memasang spanduk penolakan pembayaran surat ijo atau izin pemakaian tanah (IPT). Spanduk tidak hanya dipasang di gang perkampungan. Tetapi juga di rumah-rumah.

’’Saya tadi lewat di beberapa jalan, ternyata semakin banyak yang pasang. Terutama daerah Gubeng,’’ ujar anggota DPRD Surabaya Baktiono. Pemilik surat ijo hampir tersebar di seluruh kecamatan di Surabaya. Lahan yang ditempati warga dicatatkan sebagai aset pemkot. Namun, banyak yang menolak membayar retribusi karena dasar hukum penetapan aset tersebut dipersoalkan.



Baktiono banyak bersentuhan dengan persoalan surat ijo pada periode DPRD Surabaya 2014–2019. Dia menjabat ketua pansus retribusi pemakaian kekayaan daerah yang di dalamnya mengatur tarif surat ijo. Pembahasan pansus gagal terselesaikan karena masa jabatan dewan harus berganti per 24 Agustus lalu.

Meski begitu, Baktiono sudah menulis catatan untuk pansus selanjutnya yang membahas raperda itu. Baktiono meminta pasal-pasal yang sudah dibahas pansus dengan pemkot dipertahankan.

Salah satu pasal yang diajukan adalah penggratisan retribusi surat ijo khusus untuk persil hunian. Selama ini terdapat 23 ribu persil surat ijo yang tidak dibayar warga. Demi meminimalkan konflik tersebut, Baktiono mengusulkan penggratisan. ’’Tapi masih alot. Pemkot setengah hati menyetujuinya,’’ lanjut anggota dewan lima periode itu.

Baktiono menilai pemasangan spanduk oleh warga sangat wajar. Sebab, ada beberapa lahan yang status tanahnya memang abu-abu. Pemkot maupun warga sama-sama tidak bisa membuktikan pemilik sahnya. ’’Yang lebih berhak ya warga lantaran sudah puluhan tahun tinggal di sana,’’ jelasnya.

Persoalan surat ijo sudah ditangani Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Akan ada verifikasi 46 ribu persil lahan surat ijo. Baktiono berharap prosesnya bisa dipercepat agar konflik pemkot dengan warga bisa diakhiri. 




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Cukai Rokok 2020 Naik, Jangan Harap Setoran Nambah  - Gudang Berita Viral Cukai Rokok 2020 Naik, Jangan Harap Setoran Nambah
Kamis, 19 Sep 2019, 03:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Farri Agri Rekrutan Pamungkas Persija  - Gudang Berita Viral Farri Agri Rekrutan Pamungkas Persija
Kamis, 19 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Persija Wujudkan Impian Agri Main di Indonesia  - Gudang Berita Viral Persija Wujudkan Impian Agri Main di Indonesia
Kamis, 19 Sep 2019, 03:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print