Selasa, 24 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 04 Sep 2019, 22:00:01 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Luhut Sebut Tiongkok Belum Berinvestasi di Kaltim  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan belum ada keputusan Cina akan memberikan investasi terkait rencana proyek pembangunan ibu kota baru di Provinsi Kalimantan Timur.

Karena menurut dia, kemungkinan juga ada beberapa negara yang bakal tertarik dengan pengembangan ibu kota baru yang akan dipindah ke Kabupaten Penajem Paser dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Belum ada (China). Itu banyak perusahaan-perusahaan (mau investasi), mungkin dari Jepang," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (4/9/2019).



Kemudian, Luhut menegaskan pemerintah tidak membutuhkan dana pinjaman seperti yang ditawarkan oleh Bank Dunia untuk rencana pembangunan ibu kota baru.

"Kita enggak perlu (utang),' ujarnya.

Menurut dia, pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sudah membuat skema pembiayaan untuk pembangunan ibu kota baru yang dipindah dari Jakarta nanti.

"Iya (skema pembiayaan Bappenas)," tandasnya.

Untuk diketahui, dana untuk pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur dibutuhkan sekitar Rp466 triliun. Namun, dana ini tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dana pemindahan Ibu Kota dari APBN hanya 19,2 persen saja atau sekitar Rp89,47 triliun dana pemindahan ibu kota yang diambil dari kas negara. Kemudian, biaya pemindahan ibu kota juga mengandalkan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan swasta.

Total dana dari KPBU diperkirakan sekitar 54,6 persen atau Rp254,44 triliun, sedangkan swasta 26,2 persen atau Rp122,09 triliun. [ton]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Tara Basro dan Chicco Jerikho Didapuk Jadi Duta FFI 2019 - Gudang Berita Viral Tara Basro dan Chicco Jerikho Didapuk Jadi Duta FFI 2019
Selasa, 24 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Demi Penegakan Martabat, Mayoritas Senator Sepakati Tatib Baru DPD - Gudang Berita Viral Demi Penegakan Martabat, Mayoritas Senator Sepakati Tatib Baru DPD
Selasa, 24 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
Jalin Kerjasama dengan GMF, Citilink Buka Anak Usaha Baru - Gudang Berita Viral Jalin Kerjasama dengan GMF, Citilink Buka Anak Usaha Baru
Selasa, 24 Sep 2019, 01:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print