Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 18:00:09 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Listrik Padam, Mall dan Ritel Modern di Jabodetabek Rugi Rp 200 Miliar - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Insiden pemadaman listrik (blackout) yang terjadi kemarin, Minggu (4/8) berbuntut panjang. Pelaku usaha ramai-ramai mengklaim telah merugi miliaran rupiah akibat blackout hampir 12 jam tersebut. PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) pun jadi sasaran utama atas kerugian mereka.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) misalnya yang mencatatkan kerugian anggotanya akibat blackout, lebih dari Rp 200 miliar. Anggota yang merugi terdiri dari 82 pusat perbelanjaan dan 2.500 lebih toko ritel modern swakelola di Jakarta.



“PLN seyogyanya memberi pengumuman terlebih dahulu kepada pelaku usaha agar bisa mempersiapkan cara tetap memberi pelayanan maksimal kepada konsumen dan masyarakat pun tetap bisa mendapat haknya sebagai konsumen,” kata Ketua Umum APRINDO Roy N Mandey dalam keterangannya kepada awak media, Senin (5/8).

Roy menilai, pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu sangat merugikan pelaku bisnis yang bergerak di sektor ritel. Pasalnya, kata dia, rata-rata masyarakat menghabiskan waktu luangnya di gerai ritel modern atau pusat perbelanjaan pada akhir pekan.

“Potensi kehilangan penjualan terlihat betul, karena masyarakat akhirnya enggan atau membatalkan keinginan berbelanjanya,” ujarnya.

Menurut Roy, biaya operasional juga ikut membengkak. Sebab beberapa gerai menggunakan genset diesel agar bisa tetap buka melayani masyarakat. Di situ, jelas menambah biaya yang dikeluarkan oleh perseroan.

“Demi kenyamanan konsumen, kami menggunakan genset diesel berbahan bakar solar yang tentu berimbas pada naiknya biaya operasional, dan itu seharusnya tidak perlu kami keluarkan,” lanjutnya.

Roy mengatakan, PLN sebagai satu-satunya perusahaan yang mensuplai listrik seharusnya bisa bertindak lebih cepat dan tanggap apabila ada gangguan gardu listrik. Senada dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), dia meminta PLN harus mempunyai back-up plan menghadapi situasi seperti kemarin.

“Kami setuju bahwa seharusnya PLN mempunyai sistem mumpuni untuk mengantisipasi masalah semacam ini, back-up plan yang reaktif terhadap gangguan dan contingency plan yang terencana,” ucapnya.

Transaksi Manual di Sebagian Pintu Tol

Berbeda dari industri ritel, PT Jasa Marga (Persero) Tbk justru masih bisa menjaga pendapatan tol saat pemadaman listrik berlangsung, kemarin. Badan usaha pelat merah tersebut langsung mengaktifkan genset sepanjang PLN melakukan pemadaman.

“Sistem back-up kami secara umum berjalan lancar. Saat pemadaman listrik PLN, genset kami langsung beroperasi. Hanya beberapa lokasi di mana otomatis genset kami sedang dalam perbaikan, sehingga sempat dilakukan transaksi manual,” kata Corporate Communications and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru kepada awak media, Senin (5/8).

Adapun Gerbang Tol (GT) yang terpaksa menggunakan transaksi manual adalah GT Pasteur arah Bandung yang berlangsung selama 3 jam dan GT Karang Tengah Barat 2 selama 5 jam. Saat transaksi berjalan manual, perseroan tetap memberlakukan SOP yang berlaku agar pendapatan tol tetap stabil.

“Kami memberlakukan SOP manual yang tetap memperhatikan pengamanan pendapatan tol tetap diamankan sepenuhnya, dan menjaga pelayanan transaksi kepada pengguna jalan,” terangnya.

Heru mengatakan, terhitung pada Senin (5/8), kondisi jalan tol yang digawangi oleh Jasa Marga telah beroperasi normal. Genset-genset sudah mulai tidak dipakai lagi oleh perseroan. Hanya mereka belum bisa merinci transaksi yang dicetak oleh Jasa Marga selama pemadaman berlangsung.

“Butuh waktu mengevaluasi ya. Maaf kami belum bisa jawab,” pungkas Heru.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Coutinho: Tak Sulit Terima Tawaran Bayern Munchen  - Gudang Berita Viral Coutinho: Tak Sulit Terima Tawaran Bayern Munchen
Selasa, 20 Agu 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Startup Ini Sasar Celah di Industri Travel Online  - Gudang Berita Viral Startup Ini Sasar Celah di Industri Travel Online
Selasa, 20 Agu 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Industri Travel Online Lokal Belum Tergarap Baik?  - Gudang Berita Viral Industri Travel Online Lokal Belum Tergarap Baik?
Selasa, 20 Agu 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print