Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 12:00:04 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Listrik Padam Jabodetabek, RR Punya Analisa Begini  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Sejak Minggu hingga Senin (5/8/2019), warga ibu kota dibikin kesal dengan adanya pemadaman total dilanjutkan bergilir. Belakangan, Presiden Joko Widodo ikut kesal pula. Waduh.

Alhasil, hujatan banyak diarahkan kepada PT PLN (Persero) selaku penyedia setrum pelat merah satu-satunya di Indonesia. Namun, ekonom senior Rizal Ramli punya analisa berbeda. Dirinya mensinyalir, pemadaman selama dua hari di Jabodetabek, dan sebagian Jawa-Bali itu, merupakan upaya penghematan dari PLN. Lho?

Hal ini disampaikan Rizal saat hadir sebagai narasumber di acara "Sapa Indonesia Malam" yang tayang di Kompas TV pada Senin (5/8/2019) malam.


"Sebenarnya untuk Jakarta dan Jawa Barat, banyak pembangkit listrik yang berbahan bakar liquefied natural gas (LNG), gas. Sebetulnya cukup untuk memasok DKI dan sekitarnya. Tapi mungkin karena penghematan, itu kan hampir dua kali batubara," ujar Rizal saat menjadi pembicara di sebuah stasiun televisi nasional, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Mantan Menko Kemaritiman ini menyebutkan, pemadaman listrik selama dua hari itu, bukan berarti kurangnya kapasitas produksi listrik, seperti yang disampaikan PLN. Karena, kapasitas produksi listrik di Pulau Jawa 30% lebih tinggi ketimbang wilayah lain.

Sehingga, kata RR, sapaan akrabnya, sangat tidak masuk akal apabila terjadi pemadaman listrik secara total. "Persoalannya, Muara Karang dan lain-lainnya di sekitar Jakarta, seharusnya enggak mati total. Istilahnya di-spinning. Bisa tetap nyala, walaupun kecil energinya. Kalau dibutuhkan langsung bisa diangkat begitu," kata Rizal.

"Nah yang terjadi adalah mungkin dalam upaya penghematan, ini betul-betul dimatikan, kemudian listrik dipasok dari Jawa Timur," lanjut mantan Menko Ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid ini.

Sekedar mengingatkan saja, listrik di kawasan Jabodetabek, sebagian Jawa dan Bali mengalami pemadaman sejak Minggu (4/8/2019) sekitar pukul 12.00 WIB.

Keesokan hari (Senin, 5/8/2019), suplai listrik di sejumlah wilayah di Jabodetabek, belum normal. Presiden Joko Widodo sempat menyambangi kantor pusat PT PLN pada Senin pagi. Setelah mendapat apenjelasan dari Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani.

Dikatakan Sripeni yang mantan Indonesia Power, anak usaha PLN itu, penyebab padamnya listrik di sebagian besar Pulau Jawa, terkait gangguan transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Hanya saja, Jokowi tetap saja kesal. Sepertinya ikut merasakan bagaimana penderitaan warga Jabodetabek yang terganggu aktivitasnya. Mudah-mudahan tidak terulang. [ipe]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Lewat Petisi, Beberapa Nama Capim KPK Diminta untuk Dicoret - Gudang Berita Viral Lewat Petisi, Beberapa Nama Capim KPK Diminta untuk Dicoret
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Penyair, Pensyair, dan Lapis Wacana dalam Kata - Gudang Berita Viral Penyair, Pensyair, dan Lapis Wacana dalam Kata
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Persela vs Tira Persikabo: Tuan Rumah Ambisi Putus Tren Negatif - Gudang Berita Viral Persela vs Tira Persikabo: Tuan Rumah Ambisi Putus Tren Negatif
Minggu, 25 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print