Jumat, 15 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 06 Nov 2019, 16:00:28 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
‘Lionheart’ Didiskualifikasi dari Academy Awards 2020, Alasannya Lucu - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dunia film tengah digunjingkan dengan didiskualifikasinya film Nigeria berjudul Lionheart dari daftar nominasi Academy Awards 2020. Alasan pencoretan film besutan sutradara sekaligus aktris Genevieve Nnaji tersebut sangat sepele: dialog dalam film ini didominasi bahasa Inggris.

Perlu untuk diketahui, Lionheart merupakan film pertama Nigeria yang didaftarkan masuk nominasi Piala Oscar dalam kategori Best International Feature Film. Berdasarkan aturan dari The Academy of Motion Picture Arts and Sciences, film-film yang didaftarkan ke dalam kategori di atas harus memenuhi dua syarat, yakni proses syutingnya harus dilakukan di luar Amerika Serikat dan dialog yang digunakan harus didominasi oleh bahasa asing selain bahasa Inggris.



Film Lionheart yang sudah tayang di platform Netflix sendiri memang didominasi oleh bahasa Inggris ketimbang bahasa Igbo yang merupakan bahasa asli orang Nigeria. Dilaporkan, dialog dalam bahasa Igbo hanya ada di bawah durasi 12 menit di film berdurasi 95 menit itu.

Sekilas, pencoretan ini memang sepertinya wajar-wajar saja. Namun, hal ini menjadi lucu ketika publik mengetahui fakta bahwa bahasa Inggris adalah bahasa resmi di Nigeria. Pendek kata, pihak Academy Awards mencoret Lionheart dari nominasi karena Lionheart digarap dengan menggunakan bahasa resmi Nigeria.

Hal ini pun menyulut kritikan pedas dari para pegiat film internasional. Sutradara asal Amerika Serikat Ava DuVernay merupakan salah satu orang yang ikut mempertanyakan hal tersebut. Melalui akun Twitter-nya, DuVernay memprotes pencoretan Lionheart.

“Kepada @TheAcademy, kalian mendiskualifikasi film perdana dari Nigeria untuk berkompetisi di kategori Best International Feature Film gara-gara film tersebut berbahasa Inggris. Padahal, Inggris adalah bahasa resmi Nigeria. Kalian melarang film ini berkompetisi karena mereka memakai bahasa resmi negara tersebut?” cuit DuVernay.

Cuitan DuVernay pun disambut langsung oleh Genevieve Nnaji yang juga ikut bermain di film garapannya itu.

“Terima kasih, Ava. Film ini merepresentasikan bagaimana orang Nigeria berkomunikasi dan berinteraksi sehari-hari. Bahasa Inggris adalah bahasa ibu yang menjembatani lebih dari 500 bahasa yang kami miliki,” ujar Nnaji.

Nnaji menjelaskan, bahasa Inggris menjadi bahasa resmi di negaranya karena Nigeria termasuk dalam negara commonwealth alias negara persemakmuran Inggris. Ia juga mencontohkan bahwa banyak negara-negara bekas jajahan bangsa Eropa lain akhirnya menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa resmi negara itu.

“Ini sama saja dengan bahasa Prancis yang banyak digunakan di negara lainnya. Walaupun menggunakan bahasa Inggris, Lionheart adalah film Nigeria,” tegas Nnaji.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, ‘Lionheart’ Didiskualifikasi dari Academy Awards 2020, Alasannya Lucu

Tag: News



Baru Pulih, Berat Badan Turun, Miswar Jadi Pahlawan Persebaya - Gudang Berita Viral Baru Pulih, Berat Badan Turun, Miswar Jadi Pahlawan Persebaya
Jumat, 15 Nov 2019, 07:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Media Ernast & Co Kenalkan Tiga Unit Bisnisnya  - Gudang Berita Viral Media Ernast & Co Kenalkan Tiga Unit Bisnisnya
Jumat, 15 Nov 2019, 07:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Kupas Tren Energi Dunia, Pertamina Gelar PEF 2019  - Gudang Berita Viral Kupas Tren Energi Dunia, Pertamina Gelar PEF 2019
Jumat, 15 Nov 2019, 07:00:07 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print