Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 29 Jul 2019, 20:00:04 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : Life Style
 Lima Manfaat Kesehatan Anak Belajar Pencak Silat  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Selain menjadi salah satu kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia, pencak silat juga mengandung Manfaat kesehatan bagi tubuh terutama untuk anak-anak.

Pencak silat merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang juga termasuk dalam seni bela diri tradisional Indonesia. Ini sangat baik jika diajarkan kepada anak - anak sejak usia dini.

Ketua Umum Astrabi, Anwar Albatawie, menjelaskan, banyak manfaat yang bisa diraih anak ketika mempelajari pencak silat. Mulai dari mendapat ketangkasan hingga kesehatan tubuh yang tetap terjaga.



"Meningkatkan kesehatan jantung salah satunya," kata Anwar di Jakarta, Senin, (29/07/2019).

Berikut adalah lima manfaat pencak silat bagi anak - anak:

1. Memupuk keberanian

Berlatih pencak silat akan melatih keberanian. Misanya saat ujian kenaikan tingkat, anak akan dihadapkan pada beberapa tantangan seperti bertarung, yang tentunya butuh keberanian.

"Dari pertarungan ini, anak belajar untuk berani menghadapi lawan, berani mengambil keputusan kapan menghindar, atau kapan harus menyerang. Anak harus cepat dan berani mengambil inisiatif sebelum lawan mengalahkannya," papar Anwar.

2. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Semakin rajin belatih, anak akan merasa percaya terhadap kemampuan yang dimilikinya.

"Perlu diingat, orang tua harus ikut mengawasi anak, agar ia tetap rendah hati, dan tidak sombong atau semena-mena terhadap temannya yang lain, karena memiliki keahlian bela diri," tambahnya.

3. Menumbuhkan Kedisiplinan

Berlatih pencak silat secara otomatis akan mengajarkan kedisplinan pada anak.

Anak harus tepat waktu mengikuti jadwal latihan dan sungguh-sungguh menjalaninya, karena kedisiplinan merupakan salah satu kunci sukses dalam menguasai ilmu bela diri.

4. Menurunkan berat badan

Pada sesi satu jam latihan dengan intensitas sedang, pencak silat dapat membakar hingga 500 kalori. Ini sangat baik untuk menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Seni bela diri dipercaya mampu meningkatkan sistem kardiovaskular dalam tubuh karena gerakan atau kegiatannya dapat menekankan jantung, termasuk juga seni bela diri pencak silat.

"Salah satu Manfaat pencak silat adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung," ujarnya.
 




Sumber: inilah.com

Tag: News



Harry Maguire Diperebutkan Adidas, Puma, dan Under Armour - Gudang Berita Viral Harry Maguire Diperebutkan Adidas, Puma, dan Under Armour
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Intip Penginapan Mewah Meghan Markle dan Suami yang Mencapai Rp 2 M - Gudang Berita Viral Intip Penginapan Mewah Meghan Markle dan Suami yang Mencapai Rp 2 M
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tekan Biaya Perkara dan Efisiensi Peradilan, MA Luncurkan e-Litigasi - Gudang Berita Viral Tekan Biaya Perkara dan Efisiensi Peradilan, MA Luncurkan e-Litigasi
Senin, 19 Agu 2019, 16:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print