Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 19:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lewati 3,5 Km Butuh 30 Menit, Butuh Solusi Kemacetan Proyek Umbulan - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kemacetan panjang masih terjadi di Jalan Citraraya Unesa. Baik arah keluar maupun masuk kawasan CitraLand. Titik padatnya lalu lintas sampai di ujung Jalan Telaga Mas. Itu semua dipicu penyempitan lajur imbas dari pengerjaan pipa Umbulan yang merupakan proyek nasional.

Kemacetan terjadi pada jam tertentu. Misalnya, pagi dan sore hingga menjelang petang. Rekayasa lalin sebenarnya sudah dilakukan. Hanya, upaya tersebut masih dianggap kurang maksimal. ”Kalau pagi itu parah macetnya,” ucap Nurdin, pengguna jalan, kemarin siang (4/9).



Nurdin melanjutkan, saat pagi ujung kemacetan dari arah barat terjadi mulai traffic light depan SPBU hingga diler mobil di Jalan Emerelad Mansion. Kemudian, setelah melewati traffic light, kepadatan menyambung di Jalan Citraraya Unesa. Sebab, sebagian lajur belum dibuka karena masih diperbaiki setelah penanaman pipa raksasa.

Untuk menghindari jalan tersebut, Nurdin bisanya mengambil jalan alternatif dengan masuk kampus Unesa Lidah Wetan. ”Kalau di dalam kampus lancar, tinggal nanti putar balik di Graha Famili karena tujuan saya ke Wiyung,” tambah warga Sambikerep itu.

Tapi, kata Nurdin, sekarang dia tidak bisa lagi masuk ke Unesa bila dari CitraLand. Aksesnya ditutup. Jadi, jalan satu-satunya adalah melewati Jalan Citraraya Unesa.

Untuk menghindari kepadatan, Nurdin pun berangkat lebih pagi dari rumahnya. ”Jam 6 harus sudah keluar rumah. Kalau ndak bisa terjebak macet. Enggak bisa antar anak sekolah dulu. Kalau antar sekolah baru bisa jalan di atas jam 7, dan itu pasti macetnya,” sambung Nurdin.

Sementara itu, Nidia Rizki, pengguna jalan lainnya, mengatakan, kemacetan yang cukup panjang sering terjadi ketika waktu pulang kerja. Dia awalnya mengira bahwa proyek tersebut merupakan pengerjaan dari pihak pengembang. ”Ternyata bukan,” ucapnya.

Nidia menjelaskan, ketika padat-padatnya, dari pintu masuk Unesa hingga Merlion atau Jalan Telaga Mas bisa membutuhkan waktu 30 menit. Padahal, jaraknya hanya sekitar 3,5 kilometer.

Bikin Rekayasa Kondisional

City Manager PT Ciputra Surabaya Padang Golf Nada Putri mengakui banyak sekali warga yang protes mengenai kepadatan itu.

Selain volume kendaraan, menurut Nada, perbaikan jalan pasca pemasangan pipa terkesan lambat. Karena itu, jalan yang semestinya bisa dilewati masih ditutup. ’’Jadinya, penyempitan jalan bertambah panjang,’’ jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Nada, pihak proyek sebaiknya segera tanggap akan pengaturan rekayasa lalin. Selain itu, bagian jalan yang pipanya sudah tertanam sebaiknya langsung diperbaiki sehingga jalan bisa dibuka lagi. ’’Warga mengira itu proyek kami, padahal bukan,’’ tegasnya.

Project manager pemasangan pipa Umbulan wilayah Waru-CitraLand dari PT Meta Adhya Tirta Ari Mulyantono menyatakan, pihaknya bersama kontraktor berupaya sebaik-baiknya untuk menghindari dampak lalu lintas akibat pengerjaan itu. ’’Mohon maaf kalau terganggu,’’ ucapnya kemarin. Ari menjelaskan, pasca pengerjaan dan perbaikan jalan harus dilakukan dengan baik. ’’Pemadatan dan pelapisan dengan aspal tidak bisa dilakukan sembarangan agar jalan tidak mudah rusak,’’ katanya.

Kapolsek Lakarsantri AKP Palma Fitria Fahlevi mengatakan, pengerjaan proyek strategis nasional itu memang berdampak pada kondisi lalu lintas. Karena itu, mereka akan melakukan rekayasa lalu lintas yang bersifat kondisional untuk mengantisipasi kemacetan. ’’Ini lagi dikaji oleh Kanitlantas. Malam ini (tadi malam, Red) ada sosialisasi ke masyarakat,’’ ujar Palma.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium  - Gudang Berita Viral Serangan ke Arab Saudi Naikkan Risiko Premium
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter  - Gudang Berita Viral 73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Mane dan Salah Sudah Baikan  - Gudang Berita Viral Mane dan Salah Sudah Baikan
Selasa, 17 Sep 2019, 03:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print