Jumat, 20 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Minggu, 01 Sep 2019, 13:00:06 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lewat TV Digital, Masyarakat Daerah 3T Kini Bisa Akses Dunia Luar - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Warga daerah tertinggal, terdepan, dan terluar Indonesia (3T) bisa sedikit berbahagia. Mulai kini mereka bisa bisa menikmati siaran televisi digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) secara resmi meluncurkan siaran perdana TV digital di wilayah perbatasan pada Sabtu (31/8). Sebagai langkah awal, siaran TV digital bakal dirasakan oleh warga Nunukan (Kalimantan Utara), Batam (Kepulauan Riau), dan Asmat (Papua).



Menkominfo Rudiantara menuturkan, rencana perpindahan dari Tv analog ke digital sebenarnya sudah diinisiasi sejak 2010. Namun, implementasinya belum juga terlaksana. Padahal kebutuhannya sudah mendesak.

“Sementara RUU Penyiaran masih belum disahkan oleh DPR,” ujarnya ditemui dalam acara Peluncuran Siaran TV Digital, di GOR Dwikora, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Tak ingin berpangku tangan, pihaknya bersama Bakti dan tiga stasiun televisi, TVRI, Trans7, dan Metro TV menginisiasi adanya simulkas. Yakni, siaran TV analog dan digital yang dapat dilakukan bersama. “Ini merupakan masa peralihan atau transisi, sebelum nantinya masuk ke analog switch off (ASO),” jelasnya.

Lebih jauh, Rudiantara mengatakan, setidaknya ada dua keuntungan dari penerapan TV digital ini. Pertama, kualitas gambar jauh lebih baik dibanding siaran TV analog. “Istilahnya, udah gak ada semutnya,” tuturnya.

Kedua, penggunaan frekuensi lebih efisien. Dia menjelaskan, saat ini TV analog memanfaatkan pita frekuensi di 700 Mhz. Sementara TV digital hanya memanfaatkan frekuensi selebar 336Mhz.

“Nah sisanya ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk layanan internet pita lebar dan kebencanaan,” paparnya.

Peluncuran TV digital di daerah perbatasan ini disambut baik oleh Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie. Dia menyebut dengan peralihan ke TV digital ini diharapkan masyarakat Nunukan dapat memperoleh lebih banyak konten asal Indonesia. “Selama ini masyarakat kebanyakan nontonnya dari siaran TV Malaysia. Sekarang sudah tidak lagi ya,” ungkapnya.

Diakuinya, penggunaan parabola memang sudah banyak menolong masyarakat Nunukan menjangkau siaran-siaran televisi. Namun, masih sering diacak. “Dengan siaran TV digital, tidak lagi,” tandasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai - Gudang Berita Viral Saran Produsen Rokok Ketika Pemerintah Naikkan Tarif Cukai
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:10 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Penjaga Nafsu Kita  - Gudang Berita Viral Lima Penjaga Nafsu Kita
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit  - Gudang Berita Viral Pound Naik Tajam Respon Prospek Kesepakatan Brexit
Jumat, 20 Sep 2019, 08:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print