Rabu, 13 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 25 Okt 2019, 14:00:14 WIB, 9 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lebih Nyaman Jadi Laki-Laki, Perempuan Daftar Ganti Kelamin ke PN - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Seorang petugas sekuriti sekolah dasar (SD) di Surabaya berinisial PN mengajukan permohonan ganti status kelamin dari perempuan menjadi laki-laki ke Pengadilan Negeri Surabaya. PN yang berusia 19 tahun berkelamin ganda sejak kecil. Dia berkelamin perempuan dan laki-laki. Namun, di identitas kependudukannya tercatat, PN berjenis kelamin perempuan.

Humas Pengadilan Negeri Surabaya Sigit Sutriono mengatakan, permohonan pergantian status jenis kelamin itu sudah masuk pekan lalu. Hingga kini, permohonan tersebut belum disidangkan di PN Surabaya. Sebenarnya pengadilan pernah menjadwalkan sidang permohonan itu. Namun, sidang ditunda karena pemohon belum siap Pemohon meminta pengadilan mengesahkan permohonannya tersebut. Selanjutnya, pengesahan itu akan dijadikan sebagai salah satu syarat pengajuan permohonan pergantian status jenis kelamin dari perempuan menjadi lelaki ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Surabaya.



PN yang berasal dari Blora ingin mengganti status kelaminnya karena sudah nyaman dengan jenis kelamin laki-laki. ”Sejak kecil kelaminnya ganda. Tapi, dalam perjalanan, kromosomnya dominan laki-laki dan sehari-hari lebih nyaman berpenampilan sebagai laki-laki. Saat ini alat kelaminnya juga sudah laki-laki,” ujar Sigit kemarin (24/10).

Penegasan kelamin laki-laki itu, kata Sigit, sudah dilakukan melalui tindakan medis. Pemohon sudah mematikan organ kelamin perempuan. Organ kelamin laki-lakinya pun berkembang. ”Kelamin wanitanya sudah disuntik secara medis dan sekarang sudah tidak berfungsi lagi,” ungkapnya.

Apa yang dialami PN disebutkan dokter spesialis bedah plastik dr Indri Lakhsmi Putri SpBP-RE (KKF) bisa masuk dalam kategori ambiguous genitalia atau alat kelamin ambigu. Itu merupakan kelainan perkembangan seksual yang jarang terjadi. Kondisinya, kelamin bayi tidak jelas, apakah dia laki-laki atau perempuan.

Pada bayi yang mengalami kelainan itu, alat kelamin tidak terbentuk sempurna sehingga bayi tersebut bisa memiliki tanda kelamin laki-laki dan perempuan. Penyebabnya bisa dari dalam, yakni mutasi genetik atau kelainan kromosom. ”Biasanya terjadi karena bawaan dari lahir. Adanya infeksi pada masa kehamilan juga berpengaruh menjadikan bayi seks ambigu,” ucap Putri.

Sementara itu, bisa juga terjadi karena faktor dari luar saat hamil. Faktor lingkungan tersebut berpengaruh saat tiga bulan pertama masa kehamilan. Bisa karena perempuan hamil di atas usia 35 tahun.

Penyebab Ambiguous Genitalia (Alat Kelamin Ambigu)

1. Kelainan genetik atau penyebab lain yang tidak diketahui.

2. Kekurangan enzim 5A-reduktase yang berperan dalam pembentukan hormon androgen yang mendorong perkembangan organ kelamin laki-laki.

3. Kelainan pada testis dan testosteron berupa gangguan struktur organ, gangguan produksi hormon, maupun gangguan reseptor hormon tersebut.

Dikenali dari Tanda – Tanda

– Hipospadia

– Penis yang tidak normal dan berukuran kecil serta lubang saluran kemih terletak dekat dengan skrotum.

– Hilangnya salah satu atau kedua testis dari skrotum atau bagian yang diduga sebagai skrotum.

– Skrotum yang tampak seperti labia dengan kriptorkismus, dengan atau tanpa penis yang kecil.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Lebih Nyaman Jadi Laki-Laki, Perempuan Daftar Ganti Kelamin ke PN

Tag: News



Datangi Rumah Duka, Rio Febrian: Sempat Bertemu Djaduk di Acara Jazz - Gudang Berita Viral Datangi Rumah Duka, Rio Febrian: Sempat Bertemu Djaduk di Acara Jazz
Rabu, 13 Nov 2019, 17:00:38 WIB, Dibaca : 0 Kali
Anak Bupati Majalengka Dilaporkan Tembak Pengusaha - Gudang Berita Viral Anak Bupati Majalengka Dilaporkan Tembak Pengusaha
Rabu, 13 Nov 2019, 17:00:38 WIB, Dibaca : 0 Kali
Dominasi Total di Game Penentuan, Antar Praveen/Melati ke Babak Kedua - Gudang Berita Viral Dominasi Total di Game Penentuan, Antar Praveen/Melati ke Babak Kedua
Rabu, 13 Nov 2019, 17:00:38 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print