Sabtu, 16 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 04 Nov 2019, 09:00:10 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lebih Baik Menabung di Bank atau Asuransi? Simak 3 Penjelasan Berikut - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Mempersiapkan masa depan keuangan merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan sejak dini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hal ini, salah satunya dengan mengalokasikan sejumlah penghasilan sebagai dana tabungan.

Biasanya, seseorang menabung di bank untuk mempermudah penyimpanan dan pengambilan. Namun selain bank, perusahaan asuransi juga bisa menjadi pilihan lainnya sebagai tempat Anda menabung.



Baik bank maupun asuransi akan memberikan keuntungan yang berbeda dalam hal ini, sehingga penting bagi Anda untuk selalu jeli dalam memilih jenis tabungan yang paling tepat.

Lantas, mana lebih menguntungkan manakah? Menabung di bank atau menabung di asuransi? Untuk tahu jawabnya, simak ulasan berikut seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (4/11).

1. Pahami Jenis Produk Bank dan Asuransi

Meski sama-sama bisa dijadikan wadah sebagai tabungan, menyiman uang di bank dengan asuransi tentu berbeda. Tabungan bank merupakan produk yang secara khusus memang dibuat untuk menyimpan sejumlah dana nasabah,. Bank juga menyediakan beragam fitur tambahan untuk mendukung transaksi keuangan di dalamnya. Seperti: kartu ATM, layanan e-banking, dan yang lainnya.

Selain itu, bank juga akan memberikan keleluasaan bagi para nasabahnya untuk menarik dan melakukan beragam transaksi keuangan lainnya dengan mengunakan dana ditabungannya. Sementara yang dimaksud dengan tabungan asuransi ini pada umumnya merupakan bentuk asuransi unik link. Jenis asuransi ini dibuat dengan manfaat investasi di dalamnya, sehingga akan ada aktivitas investasi di dalam dana tabungan Anda tersebut.

Penarikan dana tidak bisa dilakukan dengan leluasa, sebab perusahaan asuransi tentu akan memiliki kebijakan khusus terkait dengan hal ini. Termasuk sejumlah biaya yang bisa saja dikenakan sewaktu-waktu atas penarikan dana yang Anda lakukan.

2. Pahami Seperti Apa Risiko serta Jaminan antara Bank dan Asuransi

Tabungan hanya memiliki risiko yang terbilang sangat kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Sebab saat Anda menyimpan uang Anda di bank, lembaga keuangan resmi yang berada di bawah naungan pemerintah. Keamanan dana Anda akan dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan berbagai resiko keamanan terhadap dana tabungan Anda tersebut.

Hingga jumlah tertentu, dana tabungan Anda akan dijamin penuh oleh LPS. Sebaliknya di dalam asuransi, dana tabungan Anda akan memiliki risiko yang terbilang tinggi.

Perusahaan asuransi akan menginvestasikan dana Anda dalam berbagai instrumen investasi yang dianggap tepat. Sehingga dalam waktu bersamaan Anda akan mendapatkan sejumlah risiko atas aktifitas investasi tersebut.

Keamanan dana Anda tentu akan sangat tergantung pada kinerja investasi yang dilakukan perusahaan asuransi. Jika kinerja investasi positif, maka dana tersebut aman dan cenderung menghasilkan.mNamun sebaliknya, saat kinerja investasi memburuk, maka bisa saja Anda kehilangan sebagian atau bahkan seluruh dana yang Anda tabungkan tersebut.

Selain itu, dana Anda juga tidak akan dijamin oleh pemerintah, sama halnya dengan produk asuransi pada umumnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan penting, apalagi jika Anda berniat menabungkan uang dalam jumlah yang besar.

3. Ketahui Perbedaan Keuntungan antara Menabung di Bank dan di Asuransi

Tabungan di bank tidak akan memberikan Anda banyak keuntungan, bahkan meski menyimpan dana yang besar di sana. Rata-rata bunga tabungan di bank terbilang sangat kecil, bahkan mungkin saja tidak bisa melawan laju inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Jika tujuan Anda menabung adalah mendapatkan keuntungan, maka poin yang satu ini tentu wajib untuk menjadi pertimbangan. Namun hal berbeda justru bisa Anda dapatkan ketika menyimpan dana dalam bentuk asuransi.

Perusahan asuransi akan menempatkan dana Anda ke dalam sejumlah instrumen investasi dan mengelola investasi tersebut untuk Anda. Dalam aktifvitas investasi ini, Anda tentu akan berpotensi mendapatkan keuntungan. Bahkan dalam jumlah yang besar.

Potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi ini tentu akan sebanding dengan resiko yang juga harus ditanggung di dalamnya. Jika kinerja investasi tersebut positif, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Namun sebaliknya jika kinerja investasi negatif, maka Anda juga berpontensi mengalami kerugian dari aktifitas investasi tersebut.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, Lebih Baik Menabung di Bank atau Asuransi? Simak 3 Penjelasan Berikut

Tag: News



 Inilah Hasil Pertemuan STOM ke-48 di Hanoi  - Gudang Berita Viral Inilah Hasil Pertemuan STOM ke-48 di Hanoi
Sabtu, 16 Nov 2019, 06:00:09 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Persija Kemasukan 3 Gol, Ini Penjelasan Tavares  - Gudang Berita Viral Persija Kemasukan 3 Gol, Ini Penjelasan Tavares
Sabtu, 16 Nov 2019, 06:00:08 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Ahli Hukum Siapkan Diri Jadi Oposisi Individual  - Gudang Berita Viral Ahli Hukum Siapkan Diri Jadi Oposisi Individual
Sabtu, 16 Nov 2019, 06:00:02 WIB, Dibaca : 1 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print