Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 07 Okt 2019, 13:00:05 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : Bisnis
 Langgar Hak Cipta, RCTI Gugat Matrix & Ninmedia  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) menggugat TV parabola berlangganan, PT Garuda Media Nusantara (Matrix TV) dan PT Nadira Intermedia Nusantara (Ninmedia) ke Pengadilan Niaga, Jakarta Pusat.

Keduanya diduga menyebarkan konten karya siaran dengan tujuan komersial, tanpa meminta izin siar dari RCTI. Kuasa Hukum RCTI Andi F. Simangunsong mengatakan bahwa dalam perkara tersebut para tergugat diduga telah melanggar hak penggugat.

Andi memaparkan, karya siaran RCTI selaku Lembaga Penyiaran dalam UU Hak Cipta, termasuk dalam Hak Terkait, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka (5) UU Hak Cipta. Di mana, hak Terkait adalah hak yang berkaitan dengan Hak Cipta yang merupakan hak eksklusif bagi pelaku pertunjukan, produser fonogram, atau lembaga penyiaran.



Hak terkait tersebut merupakan hak eksklusif bagi Penggugat yang meliputi hak ekonomi lembaga penyiaran yang diberikan dan dilindungi UU Hak Cipta Pasal 20 huruf d.

Hak ekonomi Lembaga Penyiaran tersebut, termasuk hak untuk melaksanakan sendiri, memberikan izin, atau melarang pihak lain untuk melakukan: Penyiaran ulang siaran, Komunikasi siaran, Fiksasi siaran, dan/atau Penggandaan fiksasi siaran.

Andi memaparkan berdasarkan hal-hal tersebut, maka RCTI adalah pemilik Hak Terkait yang dilindungi oleh Hukum Indonesia terhadap semua bentuk pelanggaran Hak Terkait. Hal itu diatur dalam Pasal 25 ayat (3) UU Hak Cipta, yaitu Setiap orang dilarang melakukan penyebaran tanpa izin dengan tujuan komersial atas konten karya siaran Lembaga Penyiaran.

Adapun, Ninmedia dan Matrix TV diduga secara terus-menerus melakukan penyebaran atas konten karya siaran RCTI dengan tujuan komersial, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (3) UU Hak Cipta yang sedang diperkarakan dalam perkara tersebut di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Keduanya diduga telah menyiarkan ulang siaran (relai) konten karya siaran penggugat tanpa terlebih dahulu meminta izin kepada penggugat. "Bahkan, tetap melakukan hal tersebut, meskipun penggugat dengan tegas telah melarangnya," kata Andi, Kamis (3/10/2019).

Dalam Gugatan, RCTI mendalilkan bahwa Matrix TV diduga telah melakukan hal tersebut sejak Juni 2006 hingga sekitar Mei April 2019, sedangkan Ninmedia diduga melakukannya sejak September 2013Juni 2016 hingga Februari Maret 2019.

Sebagai informasi, surat gugatan RCTI di Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ditujukan tertanggal 14 Juni 2019 untuk Matrix TV yang tercatat dalam register perkara No. 34/Pdt-Sus-Hak.Cipta/2019/P.Niaga.Jkt.Pst dan tanggal 27 Mei 2019 untuk Ninmedia yang tercatat dalam register perkara No. 32/Pdt-Sus-Hak.Cipta/2019/P.Niaga.Jkt. [ipe]
    
    
   




Sumber: inilah.com

Tag: News



Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan - Gudang Berita Viral Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya - Gudang Berita Viral Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk - Gudang Berita Viral Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print