Minggu, 25 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 12:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lakukan Pemerasan, Oknum Satpol PP dan Polisi Gadungan Diringkus - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Aksi pemerasan dengan modus menyamar sebagai petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menimpa para pedagang di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Karena meresqhkan, akhirnya polisi menangkap pria paruh baya berinisial BS, 57, yang diduga sebagai pelaku.

“Dia (BS) mengaku anggota Linmas dan Satpol PP minta-minta uang ke warga,” kata Kapolsek Metro Gambir, AKBP Johanes Kindangen saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (6/8).



Setelah didalami, BS merupakan mantan pekerja honorer di Kecamatan Gambir. Dia kerap menbawa seragam Satpol PP di dalam jok motor. Kemudian dipakai saat hendak beraksi.

“Beberapa anggota Satpol PP menegaskan dia bukan anggotanya. Saat diperiksa ada pula semacam buku kas untuk mencatat pemberian warga,” imbuh Johanes.

Kepada petugas, BS mengaku menjalankan aksi terakhirnya pada Senin (4/8) malam di Jalan Sangaji, Gambir, Jakarta Pusat. Saat meminta uang kepada para pedagang, dia berdalih akan digunakan untuk kegiatan perayaan HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Uang hasil pemerasan ini digunakan BS untuk kepentingan pribadi. Sedangkan kepada polisi uang yang diminta pelaku terhadap korbannya tidak dipatok jumlahnya. “Seikhlasnya (jumlah uang yang diminta),” lanjut Johanes.

Aksi pemerasan juga menimpa pedagang di kawasan Rusun Polri Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat. Modusnya pun mirip. Kali ini para pelaku menyamar sebagai polisi. Dalam kasus ini, jajaran Reskrim Polsek Tanjung Duren mengamankan 3 dari 5 orang oknum yang menyamar sebagai polisi gadungan.

Kapolsek Tanjung Duren, Kompol Lambe P Birana mengatakan, penangkapan mereka berawal dari laporan masyarakat yang melihat kejadian pemerasan. Para korban didatangi oleh para tersangka yang mengaku sebagai petugas Korps Lidik Krimsus RI Investigasi.

“Jadi pemerasan dilakukan para tersangka yang mendatangi dan mengancam di toko minuman yang menjual minuman beralkohol di Palmerah, dia diperas hingga Rp 10 juta,” ujar Lambe.

Korban yang menolak memberikan uang, diancam tokonya akan ditutup. Karena itu korban memenuhi permintaan para tersangka. Korban sempat ditanyai terkait kepemilikan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) minuman beralkohol. Korban pun menjawab SIUP golongan A, B dan C masih dalam proses penerbitan.

“Korban ini merasa takut, kemudian para tersangka meminta kepada korban agar supaya tidak dicabut menyerahkan uang sebesar Rp 10 juta. Dan disanggupi oleh korban sebesar Rp 6 juta,” sambung Lambe.

Dari 3 tersangka yang diamankan polisi menyita dua buah lencana atau peneng yang bertuliskan Korps Lidik Krimsus RI Investigasi, dan sebuah pistol mainan. Kepada penyidik para tersangka sudah menjalankan aksinya beberapa kali. Namun, belum diketahui pasti total keuntungan yang diperoleh mereka.

“Dari kasus ini, kita masih mengejar dua orang lagi yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yakni AW, dan AL. Mereka kita jerat dengan Pasal 480 KUHP dan Pasal 368 KUHP,” tutup Lambe.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Wow, Staf Senior Pangeran Harry dan Meghan Markle Perempuan Semua - Gudang Berita Viral Wow, Staf Senior Pangeran Harry dan Meghan Markle Perempuan Semua
Minggu, 25 Agu 2019, 13:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali
 BBTN Kembangkan KPR Komunitas di 15 Daerah  - Gudang Berita Viral BBTN Kembangkan KPR Komunitas di 15 Daerah
Minggu, 25 Agu 2019, 13:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Kepala BKP Dorong Kerja Sama Petani Muda di APEC  - Gudang Berita Viral Kepala BKP Dorong Kerja Sama Petani Muda di APEC
Minggu, 25 Agu 2019, 13:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print