Sabtu, 19 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 05 Okt 2019, 21:00:10 WIB, 8 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lahan untuk Buffer Zone TPA Benowo Sudah Siap - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Wilayah yang terdampak pembangunan buffer zone berlokasi di tiga kelurahan di dua kecamatan. Yakni, Kelurahan Babat Jerawat dan Kelurahan Sumberejo, Kecamatan Pakal; serta Kelurahan Romokalisari, Kecamatan Benowo. Pembebasan lahan dilakukan sejak 2016. Bahkan, ganti rugi sebagian besar persil sudah dibayar oleh pemkot.

Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) Maria Theresia Ekawati Rahayu menyatakan, lahan yang terdampak pembebasan buffer zone di TPA Benowo sekitar 23 bidang. Pembebasannya dilakukan secara bertahap.



Camat Benowo Muslich Hariadi menuturkan, 70 persen lahan yang dibebaskan untuk buffer zone TPA Benowo berada di wilayahnya. Tepatnya di Kelurahan Romokalisari. Di sana, ada sekitar 17 bidang yang terdampak. Itu belum termasuk lahan milik perusahaan. Dari jumlah tersebut, lanjut dia, hanya sekitar 4 persil yang belum diganti rugi hingga saat ini. Sementara itu, sisanya dibayar pemkot sejak 2018. ’’Awal 2019, ganti rugi sekitar 4 persil baru dibayar,’’ katanya.

Awal tahun ini, pemkot mengamankan aset di sekitar kawasan TPA Benowo yang berlokasi di sebelah utara TPA. ’’Luasan aset yang diamankan kurang lebih 2 hektare. Area tersebut berupa lahan tambak yang dikelola warga. Sekarang sudah dipagari petugas,’’ ucapnya kemarin (2/10).

Untuk lahan milik PT, pihaknya belum mengetahui teknis pembebasannya. Sebab, dalam pembebasan nanti, bisa jadi lahan tersebut diserahkan sebagai fasum. Jika seperti itu, pemkot tidak melakukan ganti rugi.

Untuk wilayah Benowo, persil yang belum dibebaskan berlokasi di sisi timur TPA. Di wilayah Pakal, lahan yang terdampak sudah dibebaskan. Salah satunya lahan di Kelurahan Sumberejo. Di sana, hanya ada satu persil yang terdampak pembebasan. Luasnya sekitar 6.000 meter persegi. Ganti rugi lahan itu sudah dibayar pada awal 2018.

Begitu juga dengan lahan di Kelurahan Babat Jerawat. Persil yang terdampak dibebaskan sejak 2018.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan - Gudang Berita Viral Lindungi Buruh Migran, Menlu Retno: Saya Berdiri Paling Depan
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya - Gudang Berita Viral Tampil Cetar Pakai Bulu Mata Palsu Saat Pernikahan, Simak 5 Langkahnya
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali
Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk - Gudang Berita Viral Pesan Wapres Jelang Purnatugas: Negara Aman, Investasi Masuk
Sabtu, 19 Okt 2019, 12:00:09 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print