Selasa, 17 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 05 Sep 2019, 10:00:09 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Lagi! Penipuan Bermotif Penggandaan Uang Terungkap, Kali Ini di Solo - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Setelah sempat kabur dua bulan, polisi berhasil membekuk Bintang Jaya alias Joni,54, otak penipuan dan penggelapan bermodus penggandaan uang menggunakan uang mainan. Warga RT 02, Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon itu telah empat tahun menjalankan aksi penipuan.

Sudah ada tiga korban yang berhasil ditipunya. Para korban berasal dari tiga daerah berbeda, yaitu Solo, Jawa Barat, dan Jakarta. ”Kalau di Jawa Barat dan Jakarta (beraksinya, Red) sama teman. Di Solo melakukan sendiri dengan merekrut dua orang,” kata Bintang saat rilis kasus di Mapolsek Pasar Kliwon, seperti dikutip Jawa Pos Radar Solo, Rabu (04/09).



Dua orang yang direkrutnya yakni Suwandi, 50, warga Dusun Sari Rejo RT 01 RW 04, Desa Perang, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar. Serta Riyadi Sri Raharjo, 46, warga Dusun Brangkal RT 02 RW 07, Desa Karangtengah, Sragen. Mereka berdua diperintah mencari calon korban untuk ditukar uang aslinya dengan uang mainan.

”Bertemu mereka (Suwandi dan Riyadi) di daerah Palur. Mereka mengaku butuh kerjaan, kemudian saya ajak. Saya janjikan dapat upah Rp 25 juta kalau berhasil dapat korban dan menyerahkan uang tersebut,” papar Bintang.

Bintang mempelajari taktik penipuan bermodus penggandaan uang dari teman kerjanya dahulu sebagai makelar tanah. Dalam menjalankan aksi menggandakan uang, dia akan mengatakan kepada korban jika uang yang diberikan adalah keluaran lama, tapi masih berlaku.

Padahal uang tersebut merupakan uang mainan. Yang unik, entah itu cuma pelengkap biasa, atau sengaja ditulis sebagai syarat untuk mempengaruhi para korbannya, pada lembar uang mainan tersebut terdapat tulisan “om telolet om.”

Sementara itu, uang hasil penipuan telah dihabiskan pelaku untuk kebutuhan pribadi dan membeli barang-barang berharga. Meski pelaku mengakui kesalahannya, namun dikatakan Kapolsek Pasar Kliwon AKP Ariakta Gagah Nugraha, polisi tetap akan memproses hukum.

”Pelaku mengira karena sudah lama, sudah aman, padahal tidak. Setelah kita mendapat info pelaku pulang, kita langsung melakukan penangkapan di rumahnya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, kasus penipuan tersebut terungkap setelah ada laporan dari Suparjoko Tricahyo Adi, 33, warga Kampung Prawit RT 06 RW 03, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari. Dia tertipu mentah-mentah setelah mengetahui uang ratusan lembar yang diserahkan merupakan uang mainan.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 MUI Dukung Revisi Permen Halal untuk Daging Impor  - Gudang Berita Viral MUI Dukung Revisi Permen Halal untuk Daging Impor
Selasa, 17 Sep 2019, 04:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Barcelona Pasti Tak Senang Segrup dengan Inter  - Gudang Berita Viral Barcelona Pasti Tak Senang Segrup dengan Inter
Selasa, 17 Sep 2019, 04:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Ini Perbedaan Asteroid, Komet, dan Meteor  - Gudang Berita Viral Ini Perbedaan Asteroid, Komet, dan Meteor
Selasa, 17 Sep 2019, 04:00:03 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print