Selasa, 15 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 00:00:01 WIB, 4 View Tim Redaksi, Kategori : News
 Kursi Ketua MPR Diharap Bisa Jadi Penyeimbang  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Jayabaya, Igor Dirgantara menyarankan kursi Ketua MPR diserahkan kepada partai oposisi atau koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai penyeimbang di parlemen.

"Jika sepakat bahwa bangsa Indonesia memerlukan penyeimbang dalam praktik penyelenggaraan negara, maka posisi ketua MPR selayaknya diberikan kepada partai koalisi Prabowo-Sandi," kata Igor, Selasa (1/10/2019).

Menurut dia, pembelahan masyarakat yang terjadi saat pemilu presiden 2019 harus diselesaikan dengan pembangunan politik dan ekonomi yang baik. Bagaimana pun, kata dia, Indonesia membutuhkan demokrasi yang seimbang, sistem politik yang kuat baik dalam visi maupun aksi.



"PascaPilpres, Prabowo sudah bertemu Jokowi dan Megawati. Saatnya move on dan menjalankan proses demokrasi yang baik, sistem presidential yang kita anut tidak memaksakan the winner takes all. Artinya, yang kalah dalam kompetisi pemilu juga bisa berpartisipasi ke dalam kabinet pemerintahan (eksekutif) atau legislatif," ujarnya.

Ia menilai posisi penyeimbang atau oposisi perlu diperkuat, karena harus berkembang dengan baik dalam sistem demokrasi Indonesia. Penyeimbang, pengawasan dan alternatif policy sangat diperlukan terutama semangat dalam melaksanakan fungsi kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

"Check and balances harus dilakukan, karena adagium abadi dalam politik yang menyatakan bahwa power tend to corrupt. Ini berarti harus ada yang dapat melakukan pengawasan terhadap kekuasaan dan kebijakannya yang bisa keliru atau bisa juga benar," jelas dia.

Oleh karena itu, Igor mengatakan posisi Ketua MPR RI layak diberikan kepada partai koalisi Prabowo-Sandi baik Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) maupun Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kader Gerindra paling layak karena perolehan suaranya di Pileg 2019 paling besar dalam parpol koalisi pengusung Prabowo-Sandi. Namun, kalau pun proses politik harus dari partai koalisi Jokowi-Amin. Maka, kader Golkar lebih pas karena posisi di Pileg 2019 berada tiga besar bersama PDIP dan Gerindra," tandasnya. [ton]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Alasan Anggaran Pembangunan Flyover di Jakarta Membengkak - Gudang Berita Viral Alasan Anggaran Pembangunan Flyover di Jakarta Membengkak
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan - Gudang Berita Viral Infrastruktur Penghubung jadi Prioritas Lima Tahun ke Depan
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Realme XT dengan 64MP Quad Camera Melenggang di Indonesia 23 Oktober - Gudang Berita Viral Realme XT dengan 64MP Quad Camera Melenggang di Indonesia 23 Oktober
Selasa, 15 Okt 2019, 13:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print