Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 06 Agu 2019, 09:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kulkas Mati Akibat Listrik Mati, Makanan Rentan Terkontaminasi Bakteri - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Dampak padamnya listrik ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan secara tak langsung. Salah satunya bersumber dari makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas. Ketika listrik padam, makanan minuman yang semula terjaga kesegaran dan kualitasnya, tentu menjadi mencari dan lembek. Apalagi jika disimpan di dalam freezer seperti daging, ayam, dan ikan.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan, makanan yang didiamkan lama tanpa pendingin bisa terkontaminasi bakteri. Sebab, umumnya makanan yang disimpan di dalam kulkas berada dalam suhu 2-4 derajat celcius.



“Oleh karena itu saya mengingatkan bahwa makanan atau minuman dapat rusak jika tidak terjaga dalam suhu yang diharapkan. Makanan yang berada suhu kamar lebih cepat terkontaminasi dan rusak. Bahkan kadang kala di tahap awal rusaknya belum ada perubahan bau atau warna,” tutur dr. Ari kepada gudangberitaviral.com, Selasa (6/8).

Menurutnya, tujuan dari menjaga makanan dalam suhu nol derajat atau lebih rendah adalah agar makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan bakteri. Sementara pada suhu nol derajat sampai -20 derajat celcius pertumbuhan bakteri terhenti. Dengan perubahan suhu karena padamnya listrik maka bakteri akan tumbuh subur dan membuat kondisi daging menjadi rusak.

“Sayur dan buah-buahan juga akan layu dan membusuk. Jadi jelas bahwa perubahan suhu kulkas ini akan menyebabkan rusaknya makanan kita,” jelasnya.

Beberapa kuman yang bisa mencemari makanan kita antara lain E coli, S thyposa, Clostridium, beberapa jamur dan parasit. Menurut dr. Ari, makanan yang terkontaminasi jika dikonsumsi akan menyebabkan keracunan. Gejala utama keracunan makanan biasanya seperti muntah-muntah dan diare.

“Selain itu juga pasien bisa mengalami demam. Maka diimbau untuk hati-hati pada makanan dan minuman yang kualitasnya sudah tak terjamin akibat listrik padam,” tegasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Coutinho: Tak Sulit Terima Tawaran Bayern Munchen  - Gudang Berita Viral Coutinho: Tak Sulit Terima Tawaran Bayern Munchen
Selasa, 20 Agu 2019, 05:00:04 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Startup Ini Sasar Celah di Industri Travel Online  - Gudang Berita Viral Startup Ini Sasar Celah di Industri Travel Online
Selasa, 20 Agu 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Industri Travel Online Lokal Belum Tergarap Baik?  - Gudang Berita Viral Industri Travel Online Lokal Belum Tergarap Baik?
Selasa, 20 Agu 2019, 05:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print