Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 18:00:07 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
KPK Terancam Mati Suri, Abraham Minta Jokowi Dengarkan Aspirasi Rakyat - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Polemik revisi Undang-undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terjadi. Tantangan masih datang dari banyak pihak. Namun, upaya merevisi UU KPK ini ternyata bukan baru kali ini dilakukan, melainkan sudah berulang kali.

Mantan Ketua KPK, Abraham Samad membenarkan hal tersebut. Dalam hitungannya, upaya revisi UU 30/2002 setidaknya sudah dilakukan lebih dari 3 kali selama 17 tahun berlalu.



“Saya tidak tahu persis, tapi sudah berkali-kali dilakukan (upaya revisi) mungkin udah lebih dari 3 kali dilakukan,” ujar Abraham di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9).

Meski begitu, Abraham mengaku tak tahu persis kenapa selama ini revisi tersebut gagal. “Mungkin karena ada dorongan yang kuat dari masyarakat untuk menolak itu, sehingga DPR mendengar, berbaik hati,” lanjutnya.

Atas dasar itu, Abraham meminta Presiden Joko Widodo agar lebih mendengar aspirasi rakyat. Dia berharap revisi UU ini kembali digagalkan karena apabila direalisasikan, bisa membuat KPK mati suri.

“Sekarang bola di Presiden dan harapannya dia melakukan langkah-langkah yang lebih responsif mendengarkan suara-suara yang berkembang di tengah masyarakat demi kebaikan dan demi terlaksananya agenda pemberantasan korupsi,” tegasnya.

Sementara itu, keterangan serupa diberikan oleh Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Djamil. Namun, dalam ingatannya upaya revisi UU KPK baru sebatas dua kali. Kegagalan revisi sebelumnya, karena DPR memberikan ruang kepada KPK melakukan perbaikan dalam kinerjanya.

“Kita menunggu momen, menunggu perbaikan tapi tak kunjung datang. Atau perbaikannya tambal sulam. Sekarang kita serius soal regulasi karena itu mau tidak mau supaya tidak tambal sulam ini kita harus mengatur regulasi itu,” ucap Nasir.

Nasir menjelaskan, revisi UU KPK sebetulnya wajar dilakukan. Sebab selama 17 tahun diberlakukan, belum ada revisi sekalipun. Sedangkan perkembangan zaman terus terjadi. Kinerja KPK pun harus ditingkatkan agar semakin baik dan sesuai dengan kondisi terkini.

“Kita tidak menutup kemungkinan menampung aspirasi. Kita lihat bagaimana, nggak mungkin kita bertahan sementara kita biarkan orang bermacam-macam,” pungkasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Borong 3 Penghargaan Emmy Awards 2019, Chernobyl Banjir Pujian - Gudang Berita Viral Borong 3 Penghargaan Emmy Awards 2019, Chernobyl Banjir Pujian
Senin, 23 Sep 2019, 20:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Warga Surabaya Tak Tahu Anggota Dewan Sudah Dilantik - Gudang Berita Viral Warga Surabaya Tak Tahu Anggota Dewan Sudah Dilantik
Senin, 23 Sep 2019, 20:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali
Demontrasi Penolakan UU KPK dan RKUHP Bergema di Sejumlah Daerah - Gudang Berita Viral Demontrasi Penolakan UU KPK dan RKUHP Bergema di Sejumlah Daerah
Senin, 23 Sep 2019, 20:00:16 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print