Rabu, 16 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 01 Okt 2019, 17:00:07 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
KPK Siap Jalin Kerjasama dengan Anggota DPR RI Periode 2019-2024 - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Sebanyak 575 anggota DPR RI terpilih telah resmi dilantik untuk masa bakti 2019-2024. Para legislator itu dipastikan telah melaporkan harta kekayaan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memastikan, pihaknya siap membangun kerja sama yang baik dengan anggota DPR periode 2019-2024 yang baru saja dilantik. Sebab, KPK mensyaratkan bahwa anggota legislatif baik di tingkat pusat maupun daerah harus terlebih dahulu mencantumkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).



“Saya kan kemarin kita sudah kerjasama dengan KPU terkait dengan pelaporan LHKPN kan. Kan kita kerja samanya kemarin pokoknya kalau nggak lapor LHKPN nggak bisa dilantik, nah kan akhirnya kan 100 persen kan,” kata Alex di Jakarta, Selasa, (1/10).

Alex menuturkan, LHKPN sangat penting dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi. Sebab dengan mencantumkan LHKPN, legislator sudah berusaha transparan. Karena jumlah harta kekayaannya bisa diakses oleh publik dan masyarakat.

“Itu kan saya bilang kan LHKPN ini menjadi neraca awal per 1 Oktober terkait dengan harta kekayaan Bapak Ibu semuanya anggota dewan DPR, DPD dan DPRD seluruh Indonesia. Ya nanti kita akan monitor nanti setiap tahun kan mereka harus melaporkan per tanggal 31 Maret paling lambat kita akan Lihat nih kenaikan harta kekayaan bapak ibu semuanya,” ucap Alex.

Oleh karena itu, KPK memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan dan menyampaikan pelaporan secara terbuka, sehingga proses pengawasan bisa berjalan dengan baik.

“Karena ini menjadi dokumen yang terbuka untuk publik kan ya. Jadi kalau ada masukan dari masyarakat terkait dengan itu, nanti akan kita klarifikasi,” tukasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 575 anggota DPR RI masa bakti 2019-2024 resmi dilantik. Pelantikan digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10).

Sidang paripurna pelantikan anggota DPR RI 2019-2024 dipimpin oleh pimpinan sementara yakni Abdul Wahab Dalimunthe sebagai anggota DPR tertua dan Hillary Brigitta Lasut yang merupakan anggota DPR termuda.

Pelantikan anggota DPR RI periode 2019-2024 ini pun disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Turut hadir pula beberapa tokoh undangan seperti Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wapres terpilih Ma’ruf Amin, politikus Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Bursa Saham AS Berakhir Naik Tajam  - Gudang Berita Viral Bursa Saham AS Berakhir Naik Tajam
Rabu, 16 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Harga Emas Berjangka Turun 1%  - Gudang Berita Viral Harga Emas Berjangka Turun 1%
Rabu, 16 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Lima Tahun Jokowi, Ekonomi Masih Banyak Merahnya  - Gudang Berita Viral Lima Tahun Jokowi, Ekonomi Masih Banyak Merahnya
Rabu, 16 Okt 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print