Selasa, 20 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Jumat, 09 Agu 2019, 01:00:02 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
 KPK Diminta Usut Tuntas Suap Impor Bawang Putih  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap setidaknya 11 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta pada Rabu (7/8/2019) malam. Para pihak yang diamankan itu terdiri dari unsur sopir anggota DPR hingga pengusaha importir bawang.

Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) meminta KPK untuk membongkar secara menyeluruh kasus suap impor bawang putih.

Anggota Dewan Pertimbangan Almisbat , Syaiful Bahari, memberikan apresiasi kepada KPK yang cepat tanggap membongkar kasus suap dan permainan kuota bawang putih sehingga konsumen dirugikan.



"Diharapkan kasus OTT ini bisa menjadi pintu masuk bagi KPK untuk membongkar secara menyeluruh tidak hanya kasus suapnya saja tetapi juga sumber peraturan yang memberi peluang kepada para pihak untuk melakukan korupsi,” kata Syaiful Bahri dalam keterangan pers yang diterima, Kamis (8/8/2019).

Menurut Syaiful, semakin peraturan diperketat maka peluang pengusaha untuk mendapatkan izin impor secara terbuka dan fair semakin kecil, dan akhirnya banyak importir mencari jalan tikus untuk bisa mendapatkan kuota termasuk menyuap para pejabat negara yang mempunyai akses langsung penerbitan izin impor.

"Bawang putih menjadi bancakan Nasional karena keuntungannya menggiurkan. Jadi banyak pengusaha tergiur bermain di bawang putih. Sebenarnya harga bawang putih yang sempat tembus Rp 80.000 per kilogram jika dihitung dari modal impor sebesar Rp 14.000 dapat dijual di bawah Rp 20.000, tapi harga sengaja direkayasa Rp 25.000 sampai Rp 35.000 sehingga konsumen dipaksa membeli dengan harga tidak wajar,” jelas Syaiful.

Syaiful menambahkan, kasus ini juga bisa sebagai momentum bagi pemerintahan Jokowi periode kedua untuk mencabut atau merevisi semua peraturan yang memberi ruang bagi suburnya praktek KKN, monopoli dan kartel karena ketiga perilaku tersebut berakibat pada korupsi. [hpy]



 




Sumber: inilah.com

Tag: News



 Prediksi BMKG Cuaca Jakarta Hari ini  - Gudang Berita Viral Prediksi BMKG Cuaca Jakarta Hari ini
Selasa, 20 Agu 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 1 Kali
 Inilah Penopang Penguatan Bursa Saham AS  - Gudang Berita Viral Inilah Penopang Penguatan Bursa Saham AS
Selasa, 20 Agu 2019, 06:00:05 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Arsenal Tak Ingin Ulangi Memori Buruk di Anfield  - Gudang Berita Viral Arsenal Tak Ingin Ulangi Memori Buruk di Anfield
Selasa, 20 Agu 2019, 06:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print