Sabtu, 23 November 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Kamis, 07 Nov 2019, 17:00:19 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
KPK Berpotensi Dikendalikan Istana Melalui Dewan Pengawas - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah memproses sejumlah orang yang akan mengisi posisi Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 19/2019 tentang KPK.

Hal itu termaktub pada Pasal 69 A ayat (1) UU baru KPK hasil revisi yang mengatur bahwa ketua dan anggota dewan pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia.



Menanggapi hal ini, Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas Feri Amsari menilai, Dewan Pengawas sangat kental nuansa politis. Karena penunjukannya langsung Presiden tanpa melalui panitia seleksi.

“Dewas itu berbahaya untuk KPK, siapapun dipilih pastilah all Jokowi’s men valias orang-orangnya Jokowi semua,” kata Feri kepada gudangberitaviral.com, Kamis (7/11).

Dosen Fakultas Hukum Universitas Andalas ini menuturkan, lembaga antirasuah berpotensi dikendalikan pihak istana. Karena Dewan Pengawas ditunjuk langsung oleh Presiden.

“KPK berpotensi dikendalikan istana. Ini akan menjadi masalah serius melumpuhkan KPK,” sesal Feri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pihaknya masih melakukan penelusuran terkait lima nama yang akan ditunjuk sebagai Dewan Pangawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, pihaknya akan mengumumkan Dewan Pengawas KPK bersamaan pelantikan komisioner KPK pada Desember 2019 mendatang.

“Nanti masih bulan Desember, masih digodok di tim internal. Nanti kalau sudah kita sampaikan,” kata Presiden Jokowi di Jakarta, Rabu (6/11).

Menurut Jokowi, para Dewas KPK diharapkan memiliki integritas dan mendukung penuh pemberantasan korupsi di Indonesia. “Masih dalam penggodokan. Tetapi kita harapkan yang ada di sana memiliki integritas,” tandasnya.




Sumber: jawapos.com

Tag: viral, berita viral, hot news, news, gudang berita viral, jawapos, tribunnews, kompas, KPK Berpotensi Dikendalikan Istana Melalui Dewan Pengawas

Tag: News



 PTPP Cari Rp1,25 T di Pasar Obligasi Berkelanjutan  - Gudang Berita Viral PTPP Cari Rp1,25 T di Pasar Obligasi Berkelanjutan
Sabtu, 23 Nov 2019, 06:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Bursa Saham AS Bisa Naik Tipis  - Gudang Berita Viral Bursa Saham AS Bisa Naik Tipis
Sabtu, 23 Nov 2019, 06:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Prakiraan Cuaca Ibu Kota Akhir Pekan  - Gudang Berita Viral Prakiraan Cuaca Ibu Kota Akhir Pekan
Sabtu, 23 Nov 2019, 05:00:07 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print