Senin, 23 September 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Sabtu, 07 Sep 2019, 04:00:02 WIB, 6 View Tim Redaksi, Kategori : News
 KPK Bekali DPRD Kota Malang Pemahaman Anti Korupsi  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Malang - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan pembekalan pengetahuan anti korupsi kepada 45 anggota DPRD Kota Malang periode 2019-2024 di ruang sidang DPRD, Jumat, (6/9/2019).

Pembekalan anti korupsi ini untuk menghindari tsunami KPK dalam kasus suap APBD-Perubahan Tahun Anggaran 2015, karena ada 41 legislator menjadi tersangka termasuk mantan Wali Kota Malang Moch Anton.

Pembekalan diberikan oleh Wakil Pimpinan KPK, Laode M. Syarif. Dia mengatakan penyebab nilai indeks persepsi korupsi Indonesia rendah diantaranya karena korupsi di sektor politik dan penegak hukum yang masih sangat besar.



"Kita akan selalu kesulitan melakukan program anti korupsi kalau sektor politik ini kurang baik, karena seluruh kebijakan lahir dari sektor politik," kata Laode.

Menurut dia, hiruk pikuk tiga sampai empat hari ini bisa dilihat bersama apa masih ada para anggota fraksi yang mendukung KPK. Padahal, di mata dunia KPK itu dianggap sebagai salah satu lembaga anti korupsi terbaik.

"Kalau kita ubah yang baik menjadi tidak baik, bisa dibayangkan," ujarnya.

Materi pembekalan yang diberikan meliputi tugas dan wewenang KPK, capaian indeks persepsi korupsi Indonesia, jenis-jenis tindak pidana korupsi dan sistem integritas partai politik diantaranya pengelolaan keuangan parpol, rekrutmen dan kaderisasi serta kode etik.

Pimpinan Sementara Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengatakan DPRD Kota Malang punya pengalaman yang buruk terkait korupsi. Sebab, sebagian besar anggota DPRD Kota Malang periode 2014-2019 menjadi tersangka tindak pidana korupsi.

"Pengalaman itu memberikan banyak pelajaran pada kita semua sehingga memberi pesan tersendiri untuk DPRD Kota Malang masa jabatan 2019-2024 agar menjaga amanah warga Kota Malang," katanya.

Sehingga, kata dia, anggota dewan yang terpilih mampu menjalankan tugas dan amanahnya secara bersih, berwibawa dan serta mampu memainkan perannya sesuai kaidah etika hukum yang berlaku.

"Semoga yang kita dapatkan yang halal-halal saja, yang menjadi hak kita," tandasnya.[beritajatim]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Polisi Amankan Mahasiswa Eksodus, Kapolda: Itu Mahasiswa Luar Papua - Gudang Berita Viral Polisi Amankan Mahasiswa Eksodus, Kapolda: Itu Mahasiswa Luar Papua
Senin, 23 Sep 2019, 18:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Cagar Alam Kersik Luway Terbakar, Petugas Minta Water Booming - Gudang Berita Viral Cagar Alam Kersik Luway Terbakar, Petugas Minta Water Booming
Senin, 23 Sep 2019, 18:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
Disetujui Banggar, RUU APBN 2020 Siap Disahkan dalam Sidang Paripurna - Gudang Berita Viral Disetujui Banggar, RUU APBN 2020 Siap Disahkan dalam Sidang Paripurna
Senin, 23 Sep 2019, 18:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print