Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 30 Jul 2019, 23:00:12 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : News
KPK Acungi Jempol Pemprov Jabar yang Langsung Nonaktifkan Sekdanya - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghargai sikap Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat (Jabar) Iwa Karniwa yang akan kooperatif terkait kasus suap izin proyek Meikarta yang menjeratnya. Bahkan Gubernur Jawa Barar, Ridwan Kamil telah menunjuk Asisten I Bidang Hukum dan Kesejahteraan Pemprov Jabar Daud Ahmad sebagai pelaksana harian (Plh) Sekda Jabar.

“Kami hargai Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang segera mengambil tindakan cepat setelah konpers (konferensi pers) kemarin. Hal ini dilakukan agar tidak ada katakan lah seperti persinggungan hal-hal lain yang akan merugikan di dua sisi,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Selasa (30/7) malam.



Febri menuturkan, penyelenggara negara yang terjerat perkara korupsi di KPK akan terhambat kinerjanya. Maka sudah selayaknya dinonaktifkan sementara untuk menjalani proses hukum yang berlaku.

“Jadi, jabatan itu akan terhambat dan di sisi lain juga mungkin tidak akan maksimal menghadapi proses hukum tersebut,” ucap Febri.

Mantan peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) ini menyampaikan, untuk mendalami peran Iwa dan mantan Presiden Direktur Lippo Cikarang Bartholomeus Toto, keduanya akan diperiksa sebagai tersangka. Penyidik akan mengagendakan pemeriksaan kedua orang tersebut.

“KPK akan melakukan pemanggilan terhadap tersangka Iwa ataupun tersangka Bartholomeus Toto, tergantung jadwalnya kapan yang akan dilakukan oleh penyidik,” tegas Febri.

Sebelumnya, Sekda Jabar (nonaktif) Iwa Karniwa menyatakan akan kooperatif mendukung kinerja KPK dalam pemberantasan korupsi. Hal ini menyusul penetapan dirinya sebagai tersangka kasus suap izin proyek Meikarta.

“Saya akan menaati, mengikuti serta bersikap kooperatif sebagai bentuk tanggung jawab saya untuk turut membantu KPK dalam upaya pemberantasan korupsi,” ucap Iwa di Bandung, Jawa Barat, Selasa (30/7).

Iwa mengaku legawa dengan status hukumnya saat ini. Ia menyerahkan sepenuhnya kelanjutan kasusnya kepada penegak hukum.

“Atas penetapan status tersangka pada saya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, saya menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum yang berjalan,” tukas Iwa.

Dalam perkara ini, Iwa Karniwa diduga telah menerima uang Rp900 juta dari Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Pemkab Bekasi Neneng Rahmi Nurlaili untuk menyelesaikan proses RDTR.

Perda RDTR Kabupaten Bekasi itu diperlukan untuk kepentingan perizinan proyek Meikarta. Uang yang diberikan Neneng Rahmi kepada Iwa diduga berasal dari PT Lippo Cikarang.

Iwa Karniwa terjerat pasal Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print