Senin, 19 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Selasa, 30 Jul 2019, 13:00:09 WIB, 2 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kopi Sumedang Dipamerkan di Afrika Selatan, Dubes Turun Langsung - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Afrika Selatan yang berada di Pretoria, bekerja sama dengan PT Pupuk Kujang mendatangkan Kopi Geulis, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kota Sumedang, Jawa Barat. Kopi Geulis dihadirkan dalam pameran kopi dan cokelat terbesar di dunia di Johannesburg, Afrika Selatan.

Pameran tersebut dihelat setiap tahun dan menarik minat sekitar 30.000 pengunjung. Ajang itu diikuti oleh lebih dari 230 peserta yang berasal dari industri rumahan, coffee maker manufacturer, dan restoran. Kesempatan tersebut turut dimaksimalkan sebagai ajang perkenalan Kopi Sumedang di pasar internasional.



Duta Besar Republik Indonesia untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi, turun langsung untuk mengenalkan Kopi Geulis kepada pengunjung. Dia menyampaikan Kopi Geulis didatangkan ke Afrika Selatan selain untuk memperluas penetrasi pasar makanan dan minuman Indonesia kepada dunia juga untuk memperkuat branding kopi nasional.

“Pencinta kopi sejati sudah pasti tahu reputasi kopi Indonesia, seperti kopi Gayo atau kopi Toraja, kami sengaja memperkenalkan kopi Sumedang yang tidak kalah rasa dan aromanya,” ucap Dubes Salman Al Farisi dalam keterangan tertulis yang diterima gudangberitaviral.com.

Kopi Arabika Sumedang hingga saat ini masih kalah pamor dari saudara-saudaranya seperti Kopi Gayo Aceh dan Kopi Toraja, padahal Sumedang adalah salah satu dari empat sentra penghasil kopi Arabika di Jawa Barat. Kota Sumedang berusaha mengejar ketertinggalan ini dengan membuka Jurusan Kopi di salah satu sekolah kejuruan di daerahnya, sekolah pertama dan percontohan di Indonesia.

Selama pameran berlangsung, booth Indonesia terus ramai dikunjungi pengunjung yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai kopi Indonesia. Salah satu juri barista yang berkeliling, memuji flavour dan aroma Kopi Sumedang yang dikatakannya balance. Hal tersebut dicapai berkat teknik pengeringan biji kopi pascapanen yang berbeda. Kopi Sumedang dihadirkan dengan tone honey, wine, full wash, dan natural yang masing-masing mempunyai ciri tersendiri.

Melalui keikutsertaan pada pameran tersebut, dan dengan kerja sama serta bantuan KBRI Pretoria, Pupuk Kujang berharap exposure dari kegiatan itu dapat memacu semangat pengusaha UMKM untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan. Sehingga dapat eksis dan bersaing di pasar nasional maupun internasional.

Tidak hanya terbatas pada kopi, kehadiran Pupuk Kujang di Afrika Selatan juga telah membuka beberapa kesempatan lainnya termasuk kemungkinan kerja sama dengan perwakilan RI dalam pengembangan produk unggulan lain dibawah binaan Pupuk Kujang.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



 Chelsea Imbang Lawan Leicester City  - Gudang Berita Viral Chelsea Imbang Lawan Leicester City
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Soal Adu Mulut dengan Aguero, Ini Kata Guardiola  - Gudang Berita Viral Soal Adu Mulut dengan Aguero, Ini Kata Guardiola
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:04 WIB, Dibaca : 0 Kali
 Penyerang Aiptu Agus Terpapar Radikal di Internet  - Gudang Berita Viral Penyerang Aiptu Agus Terpapar Radikal di Internet
Senin, 19 Agu 2019, 02:00:02 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print