Kamis, 22 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Senin, 05 Agu 2019, 20:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kongres Diaspora Fokus Cetak SDM untuk Bantu Perekonomian Nasional - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – Indonesian Diaspora Network Global (IDN-Global) akan kembali menggelar Kongres Diaspora Indonesia ke-5. Acara ini akan diselenggarakan selama tiga hari, yakni dari 10-13 Agustus mendatang. Selain menjadi ajang berkumpulnya para Diaspora Indonesia dari berbagai belahan dunia, acara tersebut juga akan membahas topik utama dari isu ekonomi dunia.

Presiden IDN Global 2017-2019 Mark Gerald Eman menyampaikan, dengan tema Empowering Indonesia Human Capital, Diaspora harus bersatu untuk membantu membangun Indonesia khususnya talenta-talenta Indonesia yang berkiprah di kancah internasional. “Di era seperti ini akan membuat persaingan semakin kuat. Dengan acara ini kita bisa mengoneksikan di antara teman-teman diaspora kita di seluruh dunia dan diharapkan Indonesia bisa menjadi jauh lebih powerfull,” ujarnya di Jakarta, Senin (5/8).



Menurutnya, kongres tersebut akan membawa blueprint yang jelas. Tidak hanya para Diaspora saja yang bisa hadir dan saling bertukar ilmu dan pengalaman, orang Indonesia yang bermukim di Indonesia pun bisa hadir dalam acara tersebut. Misalnya bagi para pelajar yang berminat melanjutkan studi ke luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Ketua Umum IDN Global (2017- 2019) Said Zaidansyah. Dirinya mencontohkan, di negara lain, Diaspora juga dilibatkan dalam membangun ekonomi nasional. Talenta-talenta berbakat satu negara di dunia yang berada di luar negaranya bisa memberikan kontribusi seperti relasi, ilmu bahkan akses funding.

“Talenta-talenta Indonesia di luar negeri ayo bergabung. Negara lain juga melakukan transformasi ekonomi melalui diasporanya. Diaspora di luar negeri harus dimanfaatkan dengan baik untuk pembangunan ekonomi Indonesia. Contoh India dan Tiongkok,” jelasnya.

Diaspora jika digarap dengan baik bisa memicu perkembangan bangsa tidak hanya dengan uang, tapi juga dengan relasinya, ilmunya, dan banyak lagi dengan kiprah mereka di luar negeri.

Sebagai informasi, kongres ini akan mempertemukan Diaspora Indonesia untuk berdiskusi mengenai isu Sumber Daya Manusia (SDM) dan tantangan pembangunan dari berbagai sektor. Baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Tujuan akhir dari konferensi ini dikatakan bakal berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Soal Perluasan Wilayah, DPR Usul Bogor Dimerkarkan Jadi Dua - Gudang Berita Viral Soal Perluasan Wilayah, DPR Usul Bogor Dimerkarkan Jadi Dua
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
PUPR Gelontorkan Rp 1,1 Triliun untuk Empat Kawasan Wisata Prioritas - Gudang Berita Viral PUPR Gelontorkan Rp 1,1 Triliun untuk Empat Kawasan Wisata Prioritas
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali
LPSK Tegaskan Tak Kibarkan Bendera Putih Hanya Karena Minim Anggaran - Gudang Berita Viral LPSK Tegaskan Tak Kibarkan Bendera Putih Hanya Karena Minim Anggaran
Kamis, 22 Agu 2019, 14:00:08 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print