Minggu, 18 Agustus 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 07 Agu 2019, 18:00:07 WIB, 1 View Tim Redaksi, Kategori : News
Kompensasi Pelanggan PLN Cair Lebih Cepat, Ini Perhitungannya - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) memastikan pemberian kompensasi bagi pelanggan terdampak pemadaman listrik (blackout) mulai dilakukan awal September 2019 ini. Skema pemberian kompensasi ini mengacu Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 27 Tahun 2017 tentang Standar Mutu Pelayanan.

Untuk kompensasi ini, PLN menyiapkan dana hingga Rp 839,88 miliar untuk ditebar kepada 21,9 juta pelanggan sebagai ganti rugi pemadaman listrik di sebagian pulau Jawa yang terjadi Minggu (4/8) lalu. Biaya ganti rugi dipastikan berasal dari dana operasional perusahaan, bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).



Insya Allah bulan September ini. Normalnya seharusnya Oktober. Tapi kami bisa dilakukan September awal,” kata Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono kepada gudangberitaviral.com, Rabu (7/8).

Sebagaimana yang diatur pada Permen 27/2017, PLN menetapkan formula atau rumus kompensasi yaitu sebesar 35 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment. Kemudian sebesar 20 persen dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesesuaian tarif tenaga listrik (non-adjustment).

Dari situ, bisa diambil formula bahwa kompensasi yang diberikan masyarakat adalah 35 persen dikalikan dengan rekening minimum yang diterima setiap bulannya. Rekening minimum yang diterima oleh konsumen setiap bulannya tentunya berbeda-beda sesuai dengan daya listrik yang digunakan di rumahnya.

Misalnya saja pelanggan yang menggunakan daya listrik 2.200 VA, maka formula rekening minimumnya adalah 40 jam x 2.200 VA x tarif kWh : 1.000. Setelah ketemu rekening minimum, hasil itu dikalikan dengan kompensasi sebagaimana yang tercantum Permen 27/2017 yaitu 35 persen atau 0,35 (disederhanakan).

Informasi saja, angka 40 jam pada formula rekening minimum adalah nilai minimum layanan yang dijadikan nilai tetap besaran ganti rugi oleh PLN. Dari formula itu, gudangberitaviral.com menghitung kompensasi yang akan diterima pelanggan kemungkinan mulai dari Rp 9 ribu sampai dengan Rp 630 ribu.

Rinciannya, kompensasi Rp 9 ribu untuk pengguna dengan daya listrik paling terendah 450 VA (Rumahan Daya Paling Rendah) dan Rp 630 ribu dengan pengguna dengan daya listrik tertinggi 30.000 kVA seperti konsumen industri besar (tarif kWh yang digunakan: Rp 1.500).

“Jadi, bukan pas beli tokennya atau bukan terhadap yang dibeli. Tapi rekening minimum yang seharusnya,” bebernya.

Dia menambahkan, untuk konsumen pascabayar, nantinya akan dikurangi pembayarannya pada bulan berikutnya. Namun bisa jadi kerugian itu tak sebanding dengan apa yang diterima konsumen.

Sebab banyak konsumen yang harus rela kehilangan pelanggan, barang dagangan membusuk sampai dengan ikan peliharaannya mati. Ketika disinggung hal tersebut, Yuddy menyatakan hal tersebut adalah persoalan lain. PLN, kata dia, saat ini tengah fokus untuk memberikan kompensasi sesuai regulasi Permen 27/2017 terlebih dahulu.

“Itu beda, regulasi yang ada itu kompensasi terhadap pemadaman atau tingkat mutu pelayanan tadi,” pungkas Yuddy.




Sumber: jawapos.com

Tag: News



Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta - Gudang Berita Viral Keseruan Running Man saat Hadir Lengkap di Jakarta
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Ada Jogja dalam Srimenanti - Gudang Berita Viral Ada Jogja dalam Srimenanti
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali
Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia - Gudang Berita Viral Juara Akita Masters 2019, Firman Mengatakan Itu Hadiah Bagi Indonesia
Minggu, 18 Agu 2019, 20:00:06 WIB, Dibaca : 0 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print