Jumat, 18 Oktober 2019, WIB gudangberitaviral.com - Gudang Berita Viral
Breaking News

Rabu, 02 Okt 2019, 02:00:03 WIB, 3 View Tim Redaksi, Kategori : Teknologi
 Kolaborasi Telkomsel-PT KAI Hadirkan Layanan IoT  - Gudang Berita Viral

gudangberitaviral.com, Jakarta - Telkomsel memperkuat komitmennya dalam mengakselerasikan transformasi digital di berbagai sektor industri melalui implementasi layanan solusi korporasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT).

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan kini, layanan solusi korporasi berbasis IoT Telkomsel, dipercaya oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk mentransformasi operasional armada kereta pembangkit milik PT KAI.

“Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh PT KAI dalam pemanfaatan solusi  inovatif bisnis korporasi berbasis Internet of Things dari Telkomsel. Implementasi teknologi IoT milik Telkomsel ke dalam ekosistem digital PT KAI merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung terwujudnya visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia," kata Dharma, dalam siaran pers yang disampaikan oleh Humas Telkomsel Sumbagut di Medan, Senin (30/9/2019).



Melalui unit Telkomsel Enterprise, Telkomsel menghadirkan solusi Industrial Internet of Things dengan layanan Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) yang kemudian dikembangkan dan dikustomisasi oleh PT KAI dan Telkomsel menjadi solusi baru dengan nama GRAMS, atau Genset Reliability and Availability Monitoring System.

"Solusi ini berfungsi untuk memonitoring performance dan kondisi genset di kereta pembangkit secara real time sehingga dapat dilakukan pencegahan problem sebelum terjadi dan dapat memprediksi jadwal maintenance yang akan dilakukan," ujarnya.

Sejumlah faktor pada kereta pembangkit yang dapat GRAMS pantau meliputi efisiensi kelistrikan (faktor daya, voltase, arus listrik), kondisi mesin (suhu, tekanan oli, rpm), status dan masa operasi mesin, kondisi baterai, hingga lokasi.

Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI Denny Haryanto menyampaikan, program ini terwujud dalam rangka meningkatkan pelayanan yang prima bagi seluruh Pengguna Jasa Kereta Api.

"Sejalan dengan program kerja kami untuk Digitalisasi di Bidang Sarana (Rollingstock) dengan memanfaatkan Teknologi IoT yang dapat memonitor kondisi dan kesehatan genset selama beroperasi secara online serta real-time sehingga dapat lebih menjamin terselenggaranya Pelayanan yang Prima dan juga mengutamakan aspek Keselamatan," kata dia.

Dalam hal ini, Telkomsel dapat menjawab kebutuhan PT KAI, dengan kerjasama ini PT KAI harap dapat diterapkan di semua jenis Sarana (Rollingstock) yang dimiliki oleh PT. KAI untuk meningkatkan Efisiensi dan Keselamatan Operasional Kereta Api.

"Menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan merupakan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan PT KAI untuk membantu produktivitas dan efisiensi PT. KAI dalam melayani pelanggannya serta dapat menginspirasi berbagai industri lainnya untuk mengimplementasikan teknologi digital," pungkas Denny. [ikh]




Sumber: inilah.com

Tag: News



Milenial jadi Sasaran Potensial Pengembang Apartemen - Gudang Berita Viral Milenial jadi Sasaran Potensial Pengembang Apartemen
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 6 Kali
Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Anggap Bali Rumah Kedua - Gudang Berita Viral Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Anggap Bali Rumah Kedua
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 1 Kali
519 Orang Tiba di Surabaya, Puluhan Pengungsi Wamena Jatuh Sakit - Gudang Berita Viral 519 Orang Tiba di Surabaya, Puluhan Pengungsi Wamena Jatuh Sakit
Jumat, 18 Okt 2019, 13:00:10 WIB, Dibaca : 5 Kali






Buffer Digg Facebook LinkedIn Pinterest Reddit StumbleUpon Tumblr Twitter VK Yummly Print